SERUNYA MINGGU PAGI DI PANTAI SANUR

Pantai Sanur yang indah

Aktivitas apa yang biasa Anda lakukan di Minggu pagi? Lari pagi keliling kompleks, jalan-jalan keluar kota, atau hanya bermalas-malasan di rumah dengan bangun siang? Hari Minggu memang hari yang menyenangkan dan paling kita tunggu-tunggu. Kita terbebas dari rutinitas kerja dan bisa melakukan apa pun sesuai keinginan kita. Kita juga bisa menyalurakan hobi kita di Hari Minggu. Banyak dari kita yang pergi berlibur keluar kota atau keluar pulau, (misalnya liburan ke Bali) di akhir pekan. Kalau kebetulan Anda sedang berlibur di Bali, cobalah mampir ke Pantai Sanur di Minggu pagi. Mungkin Anda bertanya-tanya, “Memangnya ada apa di Pantai Sanur?” atau “Rasanya nggak ada yang istimewa deh, di Sanur.” “Bosan ah! Udah terlalu sering ke sana!” Jangan buru-buru komentar dulu. Ada banyak hal seru dan menarik, yang bisa Anda lakukan di Hari Minggu di Pantai Sanur, antara lain : menyaksikan matahari terbit (sunrise), yoga, lari pagi, bersepeda, bermain kano, beranang, selancar (surfing), dan selancar angin (wind surfing). Anda bisa memilih salah satu atau beberapa aktivitas tersebut yang sesuai dengan minat Anda. Berikut ulasan beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat menghabiskan Minggu pagi di Pantai Sanur.
>
Perahu nelayan (jukung) di Pantai Sanur

Menyambut Matahari Terbit (Sunrise)
Mulailah Hari Minggu Anda dengan menyambut matahari terbit (sunrise) di Pantai Sanur. Bila cuaca sedang cerah (tidak hujan), jangan bermalas-malasan di hotel dengan bangun siang. Liburan tidak harus selalu bangun siang. Cobalah bangun pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit, dan pergilah ke Pantai Sanur yang letaknya hanya 5 km dari pusat Kota Denpasar. Kalau Pantai Kuta terkenal dengan keindahan panorama matahari terbenamnya (sunset), Pantai Sanur terkenal dengan keindahan panorama matahari terbitnya (sunrise). Letaknya yang menghadap ke timur, dengan topografi yang melengkung menjadikan Pantai Sanur lokasi yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Sembari menikmati detik-detik terbitnya sang mentari di ufuk timur, Anda dapat menyaksikan siluet Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali. Dengan tambahan latar depan (foreground) perahu-perahu (jukung) nelayan yang banyak terdapat di Pantai Sanur, Anda akan mendapatkan foto-foto sunrise yang mempesona. Makanya, nggak heran kalau hampir setiap pagi (terutama bila langit sedang cerah), Pantai Sanur selalu dipadati turis dan fotografer yang berburu panorama sunrise.

Yoga di Pantai Sanur

Sunrise Yoga
Setelah melihat sunrise, jangan buru-buru kembali ke hotel. Masih banyak aktivitas seru lainnya yang menanti Anda di Pantai Sanur. Di Minggu pagi, banyak aktivitas olahraga yang fun dan seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Sanur. Salah satu olahraga seru yang bisa Anda coba adalah yoga. Anda bisa beryoga bersama Warga Denpasar dan turis asing yang biasa melakukan yoga di Pantai Sanur, tepatnya di depan Hotel Inna Grand Bali Beach. Latihan yoga ini dikoordinir oleh klub yoga “PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER.” Instrukturnya adalah para pendiri PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER, antara lain : Ida bagus Candi, Nyoman Gede Purnama, Wayan Sondra, dan Anna Liparissa. Siapa saja boleh bergabung untuk latihan yoga di Pantai Sanur dengan gratis. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan, pemula atau sudah mahir, semua boleh ikut latihan yoga asalkan sehat fisik dan mental serta membawa matras sendiri. Modal kita untuk mengikuti latihan yoga di sini hanyalah badan yang sehat dan selembar matras yoga. Yoga di sini menggabungkan/memadukan berbagai aliran yoga, yaitu Hatha Yoga, Astanga Yoga, dan Vinyasa Yoga. Gerakan yoga sangat dinamis dan tidak membosankan. Beryoga di atas pasir putih dengan pemandangan laut biru dan diiringi musik alam berupa debur ombak yang berkejaran, tentunya sangat menyenangkan. Badan sehat, pikiran tenang, dan hati pun menjadi bahagia. Benar-benar healthy inside, fresh outside. Saya rasa tidak ada alasan untuk tidak bergabung yoga di Pantai Sanur.

Jogging & biking track di Pantai Sanur

Lari Pagi (Jogging)
Bila Anda tidak suka yoga, masih ada aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Sanur. Salah satunya adalah lari pagi (jogging). Di Kawasan Pantai Sanur telah dibangun jogging/biking track yang membentang sepanjang kurang lebih 6 km, dari Pantai Matahari Terbit sampai Pantai Mertasari. Jogging track ini berupa jalan kecil (setapak) yang telah di-paving di pinggir pantai. Anda bisa lari pagi atau sekedar jalan kaki di sepanjang Pantai Sanur ini dengan bebas tanpa takut terserempet mobil atau motor, karena kendaraan bermotor tidak diizinkan melewati jalur ini. Di sepanjang jalur ini Anda akan melewati beberapa hotel berbintang dan pasar seni (art market) yang menjual berbagai cindera mata khas Bali. Lumayan, sambil jogging Anda bisa cuci mata.

Bersepeda di Pantai Sanur

Bersepeda (Biking)
Selain jogging, Anda juga bisa bersepeda (biking) di Pantai Sanur. Jalur bersepeda ini sama dengan jalur jogging, kira-kira sepanjang 6 km. Mungkin Anda berpikir, “Repot amat liburan bawa sepeda.” Anda tidak usah khawatir bila ingin bersepeda di Pantai Sanur. Anda tidak perlu repot-repot membawa sepeda karena di Pantai Sanur banyak terdapat tempat penyewaan sepeda (rent bike). Anda bisa menyewa sepeda dengan harga sewa yang cukup murah, rata-rata Rp 15.000,00 per jam.

Kano yang bisa disewa di Pantai Sanur

Bermain Kano
Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Sanur adalah bermain kano. Tentunya sangat menyenangkan bermain kano di pagi hari, saat matahari belum begitu terik. Ada beberapa tempat penyewaan kano di Sanur, antar lain : di depan Museum Le Mayeur, di sekitar Hotel Inna Grand Bali Beach, dan di depan Hotel Segara Beach (Pantai Segara). Harga sewa kano cukup murah, hanya Rp 10.000,00 per jam. Pantai Sanur cukup tenang dengan ombak yang bersahabat, tidak seganas ombak di pantai-pantai selatan Bali. Ombak di Pantai Sanur pecah di tengah laut (tidak sampai pinggir pantai), sehingga sangat aman untuk bermain kano. Selain itu, di Pantai Sanur sudah diberi batas dengan bendera/bola-bola terapung, zona/batas aman untuk berenang dan bermain kano. Demi keselamatan Anda, sebaiknya Anda bermain kano di zona aman tersebut, jangan sampai melewati batas, agar Anda tidak terseret ombak.

Asyiknya bermain kano di Pantai Sanur.

Berenang
Bagi Anda penggemar renang, Pantai Sanur adalah tempat yang ideal untuk berenang. Pantai Sanur yang berpasir putih dengan air laut yang jernih sangat cocok untuk lokasi berenang. Sepanjang Pantai Sanur bisa digunakan untuk berenang, tetapi lokasi yang paling bagus untuk berenang adalah di depan Hotel Inna Grand Bali Beach. Pantai di depan hotel ini berpasir putih dan sangat bersih. Air lautnya sangat bening dan berwarna hijau kebiruan. Pantai di depan Hotel Inna Grand Bali Beach sangat landai dengan kedalaman hanya berkisar satu sampai dua meter, sehingga aman untuk berenang. Walaupun Anda berenang sampai jauh ke tengah laut, air laut tetap dangkal, kedalamannya rata-rata hanya sekitar 1,5 meter. Asyiknya lagi, dasar lautnya hanya berupa pasir putih (tidak berkarang). Karang-karang kecil hanya ada di beberapa tempat. Jadi, Anda bisa berenang dengan nyaman tanpa takut terkena karang. Kalau Anda sedang beruntung, Anda akan bertemu gerombolan ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar Anda.

Bermain selancar angin di Pantai Sanur

Selancar (Surfing) dan Selancar Angin (Wind Surfing)
Bagi Anda penggemar selancar dan selancar angin, Anda juga bisa melakukannya di Pantai Sanur. Untuk selancar, Anda tidak bisa melakukan sewaktu-waktu karena harus menunggu musim yang tepat, saat ombak di Pantai Sanur cukup besar. Berbeda dengan selancar, Anda bisa melakukan selancar angin kapan saja Anda mau, asalkan angin bertiup cukup kencang. Bagi Anda penggemar selancar angin, anda tidak usah repot-repot membawa peralatan selancar angin karena di Pantai Sanur ada tempat penyewaan peralatan selancar angin.

Itulah beberapa aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan saat Minggu pagi di Pantai Sanur. Berbagai aktivitas tersebut, selain menyenangkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi sambil liburan, Anda tetap bisa berolahraga. Pulang liburan, badan sehat dan pikiran pun terbebas dari stres. Seperti kata peribahasa, “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.” (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "SERUNYA MINGGU PAGI DI PANTAI SANUR"

  1. Tampaksiring Journey ( Adventure and Cultural Tourism ) says:
    1 February 2015 at 22:07

    Liburan yang sangat menyenangkan. Bali memang dominan dengan banyak obyek wisata nya. Tapi jangan lewatkan, Bali juga punya tempat untuk rekreasi baru, dengan konsep alami,budaya dan eco educational tampaksiring mempunyai tempat itu. Letaknya di tampaksiring gianyar Bali. _lepaskan penak Anda di nuansa perkotaan, mari nikmati liburan di daerah pedesaan yang alami_ *tampaksiring journey* .Tampaksiring the best..banyak pilihan untuk menikmati liburan Anda di wilayah tampaksiring, dari obyek pura hingga wisata outbond. Eco cycling bali

Post a Comment