KEINDAHAN SAWAH TERASERING DI BALI

Menikmati indahnya sawah di Jatiluwih

Sebagai negara agraris, sawah mudah dijumpai di Indonesia. Hampir di setiap pulau, kita bisa menemukan sawah, baik di pedesaan, di lereng bukit/gunung, maupun di dekat pantai. Namun, sawah terasering (rice terraces) dengan bentuk berundak-undak yang indah, mungkin hanya bisa ditemukan di Bali. Pasalnya, sawah di Bali kebanyakan berada di lereng bukit/gunung yang terjal. Agar sawah tersebut bisa ditanami padi, petani di Bali membuatnya menjadi berundak-undak mengikuti kontur tanah yang miring sehingga terciptalah sawah terasering yang mengagumkan. Asyiknya lagi, sawah terasering di Bali ada di beberapa tempat dengan bentuk yang berbeda satu sama lain. Berikut beberapa lokasi sawah terasering yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Bali. 

 Sawah di Desa Antap

Antap - Antosari (Pantai Soka) 
Bila Anda melakukan perjalanan ke Bali dari Jawa melalui jalur darat, Anda pasti melewati sawah ini karena letaknya berada di pinggir Jalan Raya Denpasar Gilimanuk. Lokasi tepatnya berada di Desa Antap dan Antosari, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan tak jauh dari Pantai Soka yang sering dijadikan sebagai tempat istirahat (rest area) bus-bus wisata dari arah barat/Jawa. Sawah di Desa Antap dan Antosari cukup luas dengan petak-petak sawah yang berundak-undak dan berkelok-kelok. Sejauh mata memandang tampak hamparan sawah terasering yang menyejukkan mata. Bila Anda menghadap ke arah barat laut, tampak laut di kejauhan. Perpaduan sawah dan laut ini menghadirkan panorama yang mengagumkan. Asyiknya lagi, Anda bisa menikmati panorama indah ini dengan gratis. Jadi, rasa penat dan lelah Anda sejenak akan terobati dengan menyaksikan keindahan Sawah Antap. 

 
Sawah di Busungbiu

Busungbiu 
Busungbiu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Buleleng. Jika Anda berkendara dari Seririt menuju Denpasar via Pupuan, Anda akan melewati sawah terasering di Busungbiu. Panorama Sawah Busungbiu sangat eksotis karena sawah berada di lembah yang cukup dalam dan dibelah sungai yang berkelok-kelok. Panorama sawah ini semakin menakjubkan karena Anda melihatnya dari pinggir jalan yang berada di atas tebing yang cukup tinggi. Siap-siap takjub dan melongo ya, menyaksikan keindahan Sawah Busungbiu! 

 
Sawah di Desa Ceking

Ceking 
Inilah sawah terasering paling ngetop di Bali dan paling sering dikunjungi turis, baik turis domestik maupun turis asing. Maklum, lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Tegallalang, Desa Ceking, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, atau sekitar 5 km dari Ubud. Sawah di Ceking atau di kalangan turis asing disebut Ceking Terraces tak begitu luas namun sangat menakjubkan. Sawah ini berada di tanah yang miring dan berlekak-lekuk dengan petak-petak sawah yang berundak-undak membentuk terasering yang sangat indah. Pohon kelapa yang tersebar di beberapa tempat semakin mempercantik panorama Sawah Ceking. Tak heran kalau Sawah Ceking sering menjadi lokasi pemotretan dan syuting iklan, film maupun sinetron. Bila Anda haus atau lapar, di sepanjang Jalan Raya Tegallalang berjajar kafe dan restoran yang menjual aneka makanan lezat dengan panorama Sawah Ceking. 

 
 Sawah di Jatiluwih

Jatiluwih
Berbicara sawah terasering di Bali, tak bisa lepas dari Sawah Jatiluwih yang merupakan area sawah terasering terluas di Bali. Luas area sawah ini mencapai 303 hektar. Sawah ini juga termasuk yang paling terkenal di Bali selain Sawah Ceking dan sering dikunjungi turis. Sawah Jatiluwih berada di kaki Gunung Batukaru, tepatnya di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Sawah yang pernah diusulkan dalam Daftar Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites) UNESCO ini berada di pinggir Jalan Raya Jatiluwih sehingga mudah dicari. Sawah Jatiluwih juga berundak-undak mengikuti kontur tanah yang miring dan tidak rata. Panorama sawah ini semakin indah bila cuaca sedang cerah, karena akan tampak Gunung Batukaru yang berdiri menjulang dengan gagahnya.

 
Sawah di Desa Belimbing, Pupuan

Pupuan 
Kecamatan Pupuan di Tabanan termasuk salah satu sentra pengasil beras terbesar di Bali. Tak heran kalau di daerah ini banyak terdapat sawah terasering yang indah. Di sepanjang Jalan Raya Antosari - Seririt, mulai dari Desa Antosari, Belimbing, Pujungan hingga Pupuan terhampar sawah-sawah terasering nan cantik. Siapkan kamera Anda bila melewati jalan ini dan bersiaplah ternganga melihat panorama sawah terasering yang terbentang di kanan kiri Anda. (edyra)*** 
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

3 Response to "KEINDAHAN SAWAH TERASERING DI BALI"

  1. poin4D Com says:
    30 September 2016 at 04:19

    good article
    agen poker online yang paling aman

  2. Guide Dieng says:
    8 December 2016 at 11:20

    indah banget memang kalau di bali, tapi masih sedikit kalah sama yang di jawa barat


    Berkunjung dan liburan bersama keluarga klik : Paket Wisata Dieng

  3. Wisata Halimun says:
    23 December 2016 at 23:52

    Bali memang sungguh luar biasa, I love Indonesia, Love you Bali

    Salam dari Bogor
    www.wisatahalimun.co.id

Post a Comment