CHINESE VISA, THE EASIEST VISA TO GET



Mengurus visa adalah salah satu hal yang membuat orang malas untuk jalan-jalan keluar negeri, termasuk saya. Maklum, selain kita harus datang dan antri di kedutaaan, persyaratan dokumen untuk visa biasanya cukup banyak dan merepotkan. Tak heran kalau banyak yang memilih untuk menggunakan jasa biro perjalanan dalam mengurus visa, meski tak ada jaminan pasti visa bakal disetujui (di-approve).

Dari sekian banyak negara yang mensyaratkan visa bagi WNI, Cina termasuk negara yang paling “mudah” persyaratan visanya. Dokumen yang diperlukan tidak banyak dan biayanya juga cukup murah. Asyiknya lagi, pemohon visa tidak diharuskan datang untuk mengajukan aplikasi visa alias bisa diwakilkan. Begitu juga yang saya lakukan dalam mengurus Visa Cina kemarin. Karena saya tinggal di Bali dan di Bali tidak ada Konsulat Jenderal Cina, saya minta tolong teman saya di Surabaya (Budhi) untuk mengurus aplikasi Visa Cina saya. Paspor dan semua persyaratan dokumen saya kirimkan via pos ke alamat teman saya, kemudian dia yang menyampaikan dokumen tersebut ke Chinese Visa Application Service Center (CVASC) Surabaya.

A. Lokasi Pengajuan Visa
Sebagai informasi, pengajuan aplikasi Visa Cina tidak dilakukan di Kedutaan Besar atau Konsulat Jenderal Cina melainkan di Chinese Visa Application Service Center (CVASC). Di Indonesia ada tiga lokasi CVASC, yaitu di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Anda bisa memilih lokasi CVASC yang terdekat dengan kediaman Anda. Berikut alamat lengkap CVASC di Indonesia :
CVASC Jakarta : The East Building, Unit 6, Lantai 2, Jl. Lingkar Mega Kuningan Blok E3.2. Kav. 1, Jakarta Selatan
Tel          :  +62-21-57938655
Fax         :  +62-21-57938659
E-mail    :  jakartacentre@visaforchina.org

CVASC Medan : Royal Condominium, Tower B, Lantai 2, Jl. Palang Merah - Sukamulia No. 1, Kelurahan Medan Aur, Medan
Call         :  +61-80013189
Fax         :  +61-80013187
E-mail    :  medancentre@visaforchina.org
Website : http://www.visaforchina.org/MES_EN/

CVASC Surabaya : JI. Pakis Argosari F-24, Surabaya
Call:+62-31-5663778 
Fax:+62-31-5670510 
E-mail:surabayacentre@visaforchina.org
Website: http://www.visaforchina.org/SUB_EN/

Hari kerja  : Senin – Jumat (kecuali hari libur/tanggal merah)
Waktu penyampain dokumen (application time) : 09:00-15:00
Waktu pengambilan paspor (payment & collection time): 09:00-16:00

B. Persyaratan Dokumen untuk Pengajuan Visa
Dokumen yang harus dilampirkan untuk mengajukan Visa Cina Tipe L (Liburan atau Kunjungan Keluarga) :
1. Paspor asli yang masih berlaku paling sedikit 6 bulan sejak formulir permohonan diajukan.
2. Formulir Aplikasi Visa Republik Rakyat Cina yang bisa diambil di CVASC atau di-download di situs Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal Cina di Indonesia. Kemarin saya download di situs Konsulat jenderal Cina di Surabaya : http://surabaya.china-consulate.org. Sebaiknya Anda download formulir ini dan mengisinya di rumah agar lebih menghemat waktu saat mengantri di CVASC. Pasalnya Anda harus mengisi 4 halaman formulir yang terdiri dari puluhan pertanyaan yag menyangkut informasi tentang diri Anda, informasi kunjungan, informasi tentang keluarga, pekerjaan atau sekolah, dan Informasi lainnya.
3. Foto berwarna ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang putih/terang. Foto ini harus benar-benar berukuran 4 x 6 cm tanpa frame (bingkai putih).
4. Surat Undangan dari teman/anggota keluarga Anda yang berdomisili di Cina atau dari lembaga/perusahaan di  Cina. Jika  tidak dapat melampirkan Surat Undangan, Anda wajib melampirkan semua dokumen berikut ini :
a. Tiket pesawat (pergi-pulang)
b. Bukti reservasi hotel
c. Rencana perjalanan (itinerary) selama di Cina

C. Biaya Pembuatan Visa
Biaya pembuatan Visa Cina tergolong murah. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Semakin cepat visa jadi (di-approve), biayanya semakin mahal. Untuk visa single entry reguler biayanya Rp 540.000,00 (terdiri dari biaya visa Rp 300.00,00 + biaya servis Rp 240.000,00). Berikut daftar biaya pembuatan Visa Cina :
Single entry                     : Rp 300.000,00
Double entry                   : Rp 450.000,00
Multiple entry (6 bulan)   : Rp 600.000,00
Multiple entry (1 tahun)   : Rp 900.000,00
Biaya tambahan untuk pengambilan pada hari kedua         : Rp 200.000,00
Biaya tambahan untuk pengambilan pada hari yang sama  : Rp 300.000,00
Biaya servis permohonan : Servis reguler (pengambilan pada hari ke-4)       : Rp 240.000,00
Biaya servis permohonan : Servis expres (pengambilan pada hari ke-2)       : Rp 400.000,00
Biaya servis permohonan : Servis kilat (pengambilan pada hari yang sama)   : Rp 500.000,00

D. Proses Pengajuan Visa
1.       Download  Formulir Aplikasi Visa Republik Rakyat Cina di situs Kedutaan Besar/Konsulat Jenderal     Cina di Indonesia dan isi dengan lengkap dan jelas.
2.       Bawa paspor, Formulir Aplikasi Visa Republik Rakyat Cina yang sudah Anda isi, dan dokumen-dokumen lainnya  ke CVASC terdekat.
3.       Ketika sampai di CVASC, ambil lah nomor antrian dan tunggulah sampai nomor Anda dipanggil.
4.       Begitu nomor antrian Anda dipanggil, serahkan berkas Anda pada Petugas CVASC. Petugas CVASC akan meneliti kelengkapan berkas Anda.  Bila dokumen belum lengkap, berkas Anda akan dikembalikan dan Anda disuruh melengkapi dokumen yang kurang/salah. Bila dokumen sudah lengkap Anda diminta membayar biaya visa sesuai pilihan Anda, dan petugas akan memberikan bukti pembayaran dan Pick-Up Form untuk mengambil paspor.
5.       Pada hari yang telah ditentukan (seperti yang tertera di Pick-Up Form), visa Anda sudah jadi dan bisa diambil di CVASC. Anda pun siap jalan-jalan di Cina.

Gimana? Mudah bukan pembuatan Visa Cina? Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk mengurus sendiri Visa Cina tanpa bantuan biro perjalanan atau calo. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "CHINESE VISA, THE EASIEST VISA TO GET"

  1. v3ana says:
    22 January 2017 at 22:47

    Apakah butuh surat kuasa apabila pengurusan Visa diwakilkan?

Post a Comment