8 REASONS TO VISIT KUPANG

Menikmati keindahan Bendungan Tilong



Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT), memang bukan destinasi wisata populer di Indonesia. Letaknya yang cukup jauh/terpencil dan tak ada sesuatu yang terkenal dari Kupang, membuatnya makin tidak dilirik wisatawan. Berbeda dengan tetangganya di NTT, yaitu Pulau Komodo dengan Komodonya dan Pulau Flores dengan Danau Kelimutunya yang sudah mendunia.  Namun, tidak populer bukan berarti tidak menarik. Banyak hal menarik di Kupang (Pulau Timor) yang menarik untuk dikunjungi. Berikut delapan alasan untuk mengunjungi Kupang.

Pantai Tablolong

1. Pantai Tablolong
Kota Kupang berada di sebuah teluk. Tak heran kalau kota ini memiliki banyak pantai cantik. Salah satu pantai yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kupang adalah Pantai Tablolong. Pantai ini terletak di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Dari Kota Kupang jaraknya sekitar 30 km atau sekitar 45 menit berkendara. Pantai Tablolong berpasir putih bersih dengan air laut hijau kebiruan. Kontur pantainya landai dan ombaknya tak begitu besar sehingga aman untuk berenang atau sekedar bermain air. Pasir pantainya juga cukup luas sehingga nyaman untuk berjemur. Asyiknya lagi, Pantai Tablolong masih alami. Tak ada bangunan hotel, kafe maupun restoran di pinggir pantai. Pedagang asongan pun tak ada. Yang ada hanyalah beberapa lopo-lopo (gazebo dalam bahasa setempat) dan toilet yang dibangun pemerintah setempat untuk kenyamanan pengunjung.

Kolam air berwarna biru jernih di dalam Gua Kristal

2. Gua Kristal
Tak jauh dari pusat Kota Kupang terdapat sebuah gua yang unik. Gua Kristal namanya. Gua ini terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Jaraknya hanya sekitar 13 km dari Kota Kupang atau sekitar 30 menit berkendara. Kalau gua kebanyakan bentuknya hanya berupa lubang memanjang horizontal di dalam tanah, Gua Kristal berbeda. Gua ini berbentuk semi vertikal karena hanya beberapa meter dari pintu masuk gua, posisi gua berubah menurun terjal dengan lantai gua tertutup batu-batu besar. Selain itu, Gua Kristal juga mempunyai keistimewaan lain berupa kolam dengan air sangat jernih di dasar gua. Meski dari kejauhan, dasar kolam kelihatan dengan jelas, saking beningnya air kolam. Kolam ini akan terlihat biru berkilauan seperti kristal ketika terkena sinar matahari sehingga dinamakan Gua Kristal. Kolam ini bentuknya memanjang dan cukup luas, dengan air berasa payau. Berenang di kolam ini terasa sangat nyaman karena tak ada arus ataupun ombak, dan pastinya Anda terbebas dari teriknya sinar matahari yang membuat kulit gosong.

Bendungan Tilong

3. Bendungan Tilong
Kota Kupang dan Pulau Timor pada umumnya rawan terhadap kekeringan karena kondisi tanah yang berkarang dan curah hujan yang rendah. Karena itu, pemerintah membangun banyak bendungan untuk menampung air. Bendungan terdekat dari Kota Kupang yang menarik untuk dikunjungi adalah Bendungan Tilong. Bendungan ini berada di Desa Noelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Bendungan yang dibangun pada tahun 1995 -2001 memiliki area genangan seluas 192 hektar dengan kapasitas tampung 19 juta meter kubik. Dengan air yang berwarna hijau dan panorama alam sekitar yang indah, menjadikan Bendungan Tilong lokasi asyik untuk disambangi. Bagi pengemar fotografi, Bendungan Tilong juga sangat fotogenik untuk dipotret dari berbagai sudut. Namun, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena di sekitar Bendungan Tilong tak ada satu pun restoran, warung makan atau pedagang asongan. 

Pantai Liman dan Bukit Liman di kejauhan, di Pulau Semau

4. Pulau Semau
Di Teluk Kupang terdapat beberapa pulau kecil yang indah. Salah satu pulau yang layak untuk dikunjungi adalah Pulau Semau. Untuk mencapai Pulau Semau dari Kupang cukup mudah. Anda tinggal naik perahu  motor dari Pelabuhan Tenau yang beroperasi tiap hari dari jam 06.00 pagi sampai jam 06.00 sore. Penyeberangan ke Pelabuhan Hansisi, Pulau Semau memakan waktu 30 - 45 menit tergantung cuaca (angin dan gelombang). Daya tarik utama Pulau Semau adalah pantai-pantainya yang masih perawan dengan pasir putih bersih dan air laut biru jernih. Tiga pantai-pantai terbaik di Semau adalah Pantai Otan, Pantai Uihmake, dan Pantai Bukit Liman. Selain pantai, pesona lain Pulau Semau adalah Gua Letbaun yang berada di Desa Letbaun. Di dalam gua ini terdapat kolam berair biru yang bisa Anda manfaatkan untuk berenang. Air kolam berasa payau karena airnya berasal dari laut.

Air Terjun Oehala

 5. Air Terjun Oehala
Pulau Timor yang berbukit-bukit mempunyai banyak air terjun. Air terjun yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Oehala. Air terjun ini terletak di  Desa Oehala, Kecamatan , Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Jaraknya sekitar 120 km dari Kota Kupang atau 10 km dari Kota Soe, ibu kota Kabupaten TTS. Air Terjun Oehala sangat unik, karena bentuknya bertingkat-tingkat (cascading) dengan total tingkatan ada tujuh tingkat, belum termasuk tingkatan yang kecil. Di bawah tingkatan air terjunnya terbentuk  kolam dengan air yang berwarna hijau toska karena dasar kolam adalah batu-batu kapur yang berwarna putih. Kolam ini biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk mandi atau bermain air. Dengan pepohonan rindang yang menaunginya, membuat suasana di sekitar Air Terjun Oehala menjadi sejuk dan asri sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Pantai Kolbano
 
6. Pantai Kolbano
Pantai berpasir putih, hitam atau kelabu sudah biasa. Di Pulau Timor terdapat pantai sangat unik dengan hamparan batuan warna-warni di bibir pantainya, yakni Pantai Kolbano. Pantai eksotis ini terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Anda tak akan melihat pasir di Pantai Kolbano kecuali Anda datang saat laut sedang surut.. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah hamparan batu warna-warni di pinggir pantai berpadu laut biru muda (turquoise) yang membentang luas. Sesekali terlihat debur ombak berkejaran menjilati tepian pantai yang ditaburi batu aneka warna. Batu kerikil warna-warni memang menjadi ciri khas Pantai Kolbano yang membedakannya dengan pantai yang lain.Uniknya lagi, batu-batu tersebut mempunyai bentuk, ukuran dan warna yang berankea ragam. Ada yang bulat, lonjong, oval, kubus, prisma, dan lain-lain. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari yang sebesar kelereng hingga sekepalan tangan orang dewasa. Yang paling menarik adalah warna-warni batuan tersebut. Mulai dari warna-warna standard batuan, hitam, putih, kelabu hingga warna-warna yang cantik seperti merah, merah muda (pink), coklat, peach, jingga dan abu-abu kehijauan. Bahkan ada yang batu yang berwarna gradasi paduan beberapa warna dengan motif mirip marmer.

 
Sapi-sapi merumput di bawah pepohonan eukaliptus di Cagar Alam Gunung Mutis

7. Cagar Alam Gunung Mutis
Tidak semua bagian Pulau Timor gersang dan panas. Bila Anda ingin merasakan dan melihat hutan yang hijau dengan udara yang sejuk, datanglah ke Cagar Alam Gunung Mutis. Secara administratif, Cagar Alam Gunung Mutis berada di wilayah Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) serta Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Ada beberapa pintu masuk menuju cagar alam ini tapi yang paling dekat dan paling mudah dijangkau adalah melalui Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten TTS. Desa ini jaraknya sekitar 143 km dari Kupang atau 33 km dari Soe, ibu kota Kabupaten TTS. Di Cagar Alam Gunung Mutis Anda bisa melihat tanaman eukaliptus (Eucalyptus Urophylla), bonsai alam, cendana, rotan, dan paku-pakuan. Eukaliptus yang dalam bahasa setempat disebut Ampupu memang vegetasi dominan di Cagar Alam Gunung Mutis. Eukaliptus di sana sudah banyak yang berumur ratusan tahun dengan pohon tinggi menjulang belasan meter. Selain hutan eukaliptus, daya tarik lain Cagar Alam Gunung Mutis adalah Gunung Mutis. Gunung  ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Timor dengan ketinggian mencapai 2.427 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak Gunung Mutis, Anda harus mendaki sekitar tiga jam dari Pohong Gunung (pos terakhir tempat memarkir kendaraan). 



8. Sei
Setiap daerah biasanya mempunyai makanan/kue khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Begitu juga dengan Kupang. Kota ini mempunyai beragam makanan lezat yang cocok untuk jadi buah tangan. Salah satunya adalah sei. Sei merupakan olahan daging asap yang berbentuk lembaran tipis. Sei terbuat dari daging sapi atau babi. Sei dikemas dalam plastik vakum dan ditempatkan di freezer dengan keadaan beku. Jika ingin membawa Sei sebagai oleh-oleh, sebaiknya Anda membelinya sehari sebelum keberangkatan karena daging siap saji ini hanya bertahan di suhu ruangan selama tiga hari. Sei sebenarnya adalah makanan khas Pulau Rote (pulau kecil di sebelah barat laut Kupang, Pulau Timor). Kata “sei” berasal dari Bahasa Rote yang artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang.*



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "8 REASONS TO VISIT KUPANG"

  1. Mazlum Syahid says:
    20 April 2018 at 07:30

    https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

    Web: almawaddah.info

    Salam


    Kepada:



    Redaksi, rektor dan para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin.


    Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan

Post a Comment