PRAMUGARI BERJILBAB

Pramugari berjilbab di Pesawat NAM Air




Setiap kali bepergian dengan menggunakan pesawat, saya selalu memperhatikan dengan seksama sosok pramugari di pesawat/maskapai tersebut. Mulai dari keramahan, kecantikan, kesigapan dalam pelayanan hingga busana/seragam pramugarinya. Seragam pramugari menarik perhatian saya karena setiap maskapai memiliki model, warna, dan motif seragam yang berbeda-beda.

Setelah terbang dengan berbagai maskapai baik di dalam maupun di luar negeri, saya melihat tak ada satu pun maskapai yang seragam pramugarinya dilengkapi dengan jilbab. Bahkan pramugari dari maskapai negara-negara Timur Tengah semacam Emirates, Etihad Airways, dan Qatar Airways pun tidak mengenakan jilbab. Seragam mereka terdiri dari baju/blazer lengan panjang dan rok selutut yang dilengkapi dengan topi dan kerudung. Anehnya, kerudungnya cuma dipakai sebagai hiasan/pemanis yang dikalungkan/disampirkan dari kepala sebelah kanan hingga ke dada mereka. Pastinya topi dan kerudung itu tidak menutupi aurat sepenuhnya karena leher, telinga, dan sebagian rambut para pramugari tersebut masih kelihatan. Belum lagi rok yang mereka kenakan panjangnya hanya selutut, tidak menutupi kaki seluruhnya. Sampai saat ini, maskapai yang menerapkan kebijakan berjilbab bagi pramugarinya hanya Saudi Arabia Airline, Flynas (maskapai berbiaya rendah dari Saudi Arabia), dan Egypt Air (Mesir). Semua maskapai lainnya hanya menetapkan kebijakan berjilbab/berkerudung bagi pramugarinya pada saat penerbangan haji/umroh.

Di Indonesia juga tidak ada satu pun maskapai yang menerapkan aturan berjilbab bagi pramugarinya. Saya berpikir mungkin maskapai-maskapai di Indonesia melarang (tidak mengizinkan) pramugarinya mengenakan jilbab pada saat bekerja. Namun, ternyata dugaan saya salah. Ketika akan terbang dari Kupang ke Maumere, Flores, pada tanggal 10 Mei 2014 dengan maskapai NAM Air (anak perusahaan Sriwijaya Air), saya melihat pemandangan yang sedikit berbeda di Bandara El Tari, Kupang. Saat itu, saya melihat seorang perempuan mengenakan seragam Pramugari NAM Air, baju biru, blazer dan celana panjang biru tua, ditambah jilbab biru (sesuai warna baju) dan topi biru tua (sesuai warna blazer dan celana panjang). Dia berdiri di dekat seorang pilot dan tiga temannya sesama pramugari yang tidak mengenakan jilbab. Saya belum yakin kalau perempuan tersebut adalah Pramugari NAM Air karena selama ini saya belum pernah melihat satu pun pramugari berjilbab di Indonesia. Pada saat umroh naik Garuda Indonesia, pramugarinya hanya mengenakan kerudung (rambut dan leher mereka masih terlihat). Itu pun hanya dikenakan pada saat menyambut kedatangan penumpang saja. Setelah pesawat mengudara/terbang, para Pramugari Garuda malah melepas kerudungnya. Mungkin mereka merasa ribet ketika menghidangkan makanan dan minuman harus memakai kerudung.

Tak lama kemudian, saya naik ke dalam pesawat NAM Air yang akan membawa saya ke Maumere. Ternyata dugaan saya benar. Perempuan berjilbab yang saya lihat tadi, adalah Pramugari NAM Air. Namun, ketika di atas pesawat, pramugari berjilbab tersebut melepas blazer dan topinya seperti ketiga temannya. Tentunya pramugari berjilbab tersebut mengenakan baju/blouse lengan panjang beda dengan ketiga temannya yang mengenakan blouse lengan pendek. Saya benar-benar surprise dan seakan nggak percaya. Baru kali itu saya melihat pramugari berjilbab yang sebenarnya. Sejauh ini (sampai dengan tahun 2014), hanya NAM Air maskapai yang memperbolehkan pramugarinya berjilbab. Saya tidak tahu kalau ada maskapai Indonesia laiinya mengizinkan pramugarinya berjilbab.

Pada saat kembali ke Kupang dua hari kemudian, saya juga melihat seorang pramugari berjilbab lagi di NAM Air. Saat itu, saya sempat ngobrol-ngobrol sebentar dengan pramugari berjilbab tersebut. Sebagai seorang muslim, tentunya saya gembira melihat fenomena pramugari berjilbab. Berarti ada kemajuan dalam dunia penerbangan (pramugari) di Indonesia. Setidaknya, perempuan berjilbab mempunyai kesempatan yang sama seperti perempuan lainnya (tidak berjilbab) untuk menjadi pramugari walau saat ini hanya NAM Air yang menerima pramugari berjilbab. Semoga ke depannya semakin banyak maskapai di Indonesia yang mengizinkan pramugarinya berjilbab. (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

15 Response to "PRAMUGARI BERJILBAB"

  1. HAIRIAH SABIRIN says:
    12 April 2015 at 14:48

    Menarik sekali ulasannya mas, kebetulan karena sy juga pengen jadi FA tp tetap berjilbab :) terima kasih ya atas infonya

  2. Edyra Guapo says:
    13 April 2015 at 08:11

    Terima kasih udah mampir ke blogku. Semoga cita-citanya menjadi pramugari bisa tercapai!

  3. Azizah Audia says:
    22 April 2015 at 07:07

    bermanfaat sekali informasinya mas :)
    akhirnya pertanyaan saya selama ini terjawab oleh ulasan yang mas tulis.
    terimakasih banyak

  4. Edyra Guapo says:
    22 April 2015 at 08:14

    Senang bila informasi dari blog saya ada manfaatnya. Terima kasih udah mampir ke blog saya.

  5. rima novia ranty says:
    16 May 2015 at 23:46

    Terimakasih om ulasannya. Saya berjilbab tapi ingin jadi pramugari. Sedikit lebih lega perasannya :)

  6. Elyudien Dien says:
    4 August 2015 at 14:17

    Kerennn Mas :)

  7. Edyra Guapo says:
    4 August 2015 at 14:18

    Thanks mas udah mampir!

  8. Unknown says:
    25 September 2015 at 23:08

    Amiinn ..semoga cita2 pramugari bisa tercapai

  9. Cuit..Cuit..Cuit... says:
    3 November 2015 at 21:21

    Ternyata sudah ada yg membahas... Saya baru saja mendarat dr Sby...Tadi sama persis yg ada dipikiran bapak..melihat mba2 pramugari yg cantik..terlintas gimana kl mba2 diperbolehkan berhijab...knp banyak penerbangan melarang berhijab?kepikiran jg buat ngasih masukan ke maskapai atau kmana gt utk memperbolehkan berhijab.. :) mudah-mudahan...

  10. liana rasma says:
    7 December 2015 at 18:18

    Pramugari berhijab itu adalah keponakan saya tercinta, Dan saya sangat mengenal kesehariannya memang pribadi yang sederhana dan shalihah..kami sekarang jarang bertemu. I'm very proud of her..

  11. Ardiantoyugo TP says:
    29 July 2016 at 16:01

    namanya Jessica siapa tuh...?? ahihii...

  12. Asmawati Permana says:
    22 August 2016 at 09:29

    semoga NAM air makin Sukses dan berjaya
    anak saya sekarang sdg pendidikan pramugari smg dia bisa diterima di maskapai yg membolehkan pramuarinya berhijab

  13. Asmawati Permana says:
    22 August 2016 at 09:29

    semoga NAM air makin Sukses dan berjaya
    anak saya sekarang sdg pendidikan pramugari smg dia bisa diterima di maskapai yg membolehkan pramuarinya berhijab

  14. Siti Hardiyanti says:
    30 September 2016 at 13:09

    mbaa, boleh tolong tanyain ke ponakannya ga? cara ngelamar jadi pramigari berhijab itu gmn ya?

  15. Siti Hardiyanti says:
    30 September 2016 at 13:10

    ada yg tau cara melamar jadi pramugari nam air itu gmn?

Post a Comment