PANTAI INAOE, PANTAI MUNGIL NAN CANTIK DI ROTE SELATAN

Menikmati keindahan Pantai Inaoe yang sedang hits di media sosial





Pulau Rote terkenal akan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang sedang menjadi trending topic dan menarik perhatian banyak orang akhir-akhir ini adalah Pantai Inaoe atau Tolanamon. Pantai mungil nan cantik ini mendadak jadi viral di internet setelah ada seorang warga mengunggah foto Pantai Inaoe di media sosial.

Pantai Inaoe berada di pesisir selatan Pulau Rote, tepatnya di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari Kota Ba’a (ibu kota Kabupaten Rote Ndao), pantai ini berjarak 29 km atau sekitar 45 menit berkendara. Sayangnya, belum ada kendaraan umum menuju Pantai Inaoe sehingga kita harus naik ojek atau menyewa kendaraan dari Kota Ba’a untuk mengunjunginya.

Saya beruntung dapat pinjaman sepeda motor sehingga tak perlu susah-susah mencari kendaraan untuk mencapai Pantai Inaoe. Dari Kota Ba’a, saya butuh waktu sekitar 45 menit untuk mencapai pantai ini. Sebenarnya jalan menuju pantai ini cukup bagus dan mulus, tapi tak ada rambu-rambunya sama sekali sehingga saya harus bertanya ke warga setempat setiap bertemu persimpangan jalan. Dari Ba’a sampai Desa Inaoe yang berjarak sekitar 25 km jalannya beraspal dan cukup bagus. Hanya di beberapa titik jalan rusak dan berlubang. Namun, dari Desa Inaoe sampai Pantai Inaoe yang jaraknya 4 km kondisi jalan belum beraspal dengan kontur jalan menurun yang sangat curam. Rem harus benar-benar pakem untuk melewati jalan ini.

Tiba di tempat parkir Pantai Inaoe, suasana sangat sepi, tak ada satu pun pengunjung lain. Meski hari masih pagi, cuaca sangat panas karena tak ada satu pun pohon peneduh. Topi dan kaca mata hitam adalah aksesoris yang wajib dibawa, ketika mengunjungi Pantai Inaoe.

Tanpa membuang waktu, saya segera berjalan kaki menuju pantai yang jaraknya sangat dekat dari tempat parkir. Namun, saya kecewa ketika melihat penampakan Pantai Inaoe dari dekat. Pantainya berada di teluk kecil yang menjorok ke daratan dengan air laut yang warnanya tidak menarik. Di beberapa tempat banyak sampah berserakan. Apalagi saat itu laut sedang surut, sehingga pantai terlihat sangat tidak menarik. Sangat berbeda dari foto-foto Pantai Inaoe yang saya lihat di berbagai media sosial, dengan air lautnya yang berwarna hijau toska.

Saya sangat kecewa melihat Pantai Inaoe yang tidak seindah foto-fotonya di internet. Namun, karena masih penasaran dengan Pantai Inaoe yang terlihat sangat menawan di media sosial, saya berjalan menuju bukit karang yang berada di sebelah barat pantai. Saya harus melewati beberapa lorong kecil dan mendaki bukit kecil, hingga tibalah saya di atas bukit yang membuat saya terpana. Dari bukit tersebut, terlihatlah pantai mungil yang sangat cantik seperti yang terlihat di berbagai media sosial belakangan ini. Rupanya inilah Pantai Inaoe yang sebenarnya, yang membuat saya penasaran selama ini.

Pantai Inaoe dilihat dari bukit sebelah timur laut
 

Pantai Inaoe dilihat dari bukit sebelah tenggara


Secara visual, Pantai Inaoe yang oleh warga lokal disebut Pantai Tolanamon terlihat sangat cantik dan unik. Pantainya tersembunyi di sebuah teluk mungil yang menjorok jauh ke daratan dengan bibir pantai yang berpasir putih sangat pendek, hanya sekitar 15 meter panjangnya. Air lautnya sangat bening dengan warna bergradasi dari hijau toska di pinggir pantai hingga biru tua di lautan lepas. Di sekeliling pantai terdapat bukit-bukit kecil yang seperti mengepung Pantai Inaoe dan menyembunyikannya dari dunia luar. Namun, keberadaan bukit-bukit tersebut justru semakin mempercantik Pantai Inaoe. Dari bukit-bukit inilah, kita bisa melihat kecantikan Pantai Inaoe.

Pantai Inaoe dilihat dari bukit sebelah utara
Pantai Inaoe dilihat dari utara pinggir pantai sebelah utara
  
Meski matahari terik menyengat, saya tetap semangat menjelajah setiap lekuk Pantai Inaoe. Mulai dari bukit di sebelah timur, utara hingga barat pantai, semua saya jelajahi. Tak lupa saya bermain-main di area pasir putih Pantai Inaoe yang tak seberapa panjangnya. Kesimpulan saya, dari sudut mana pun, Pantai Inaoe terlihat sangat menawan. Apalagi saat itu tak ada satu pun pengunjung lain selain saya, sehingga saya seperti berada di pantai pribadi yang menuat saya betah berlama-lama.

Tak heran kalau Pantai Inaoe ngetop banget di media sosia belakangan ini. Soalnya Pantai Inaoe sangat cantik dan unik, membuat siapa pun yang melihatnya jatuh cinta pada pandangan pertama.(Edyra)***


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

2 Response to "PANTAI INAOE, PANTAI MUNGIL NAN CANTIK DI ROTE SELATAN"

  1. Baktiar Sontani says:
    10 May 2017 at 10:24

    Iya, kemarin ada temen yang sudah ke pantai Inaoe yang lagi viral di internet.. sepertinya perlu perjalanan ke Rote lagi untuk mencoba pantai satu ini.. dapet sunset gak dipantai ini?

  2. Edyra Guapo says:
    10 May 2017 at 12:07

    Harus ke sana, Mas. Pantainya unik, cuma seuprit tapi cantik banget. Aku ke sananya pagi saat masih sepi. Kalo siang/sore katanya rame banget.

Post a Comment