JATUH CINTA PADA YOGA

Kukutasana

Apakah yoga itu? Yoga adalah sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang berasal dari kebudayaan India kuno sejak 3000 SM yang lalu. Sudah lama sekali saya tertarik dengan yoga. Kalau nggak salah, sejak saya tinggal di Mataram-Lombok, tahun 2003. Jujur saja, awal mula saya tertarik yoga bukan alasan kesehatan atau ketenangan jiwa melainkan karena dua alasan. Pertama, saya melihat pose-pose indah orang beryoga di majalah. Badan mereka bisa dilipat-lipat dalam berbagai pose dengan lenturnya, seperti tak memiliki tulang. Saya ingin sekali bisa melakukan pose-pose yoga yang indah seperti pose para yogi di majalah-majalah tersebut. Kedua, pada waktu itu yoga sedang ngetrend di kalangan selebritis. Banyak selebritis tanah air yang menekuni yoga. Di antaranya Diah Permatasari, Ira Wibowo, Karenina, Maudy Kusnaedy, dan Shahnaz Haque. Sayangnya, nggak ada satu pun klub/sanggar yoga di Mataram. Padahal, saya ingin sekali belajar yoga dengan bimbingan seorang instruktur yoga. Jadinya, saya hanya bisa memendam keinginan saya untuk belajar yoga di klub yoga. Mau nggak mau, saya pun belajar yoga sendiri dari berbagai buku, VCD, dan DVD tentang yoga.

Brahmacharyasana

Ketika pindah ke Jakarta pada tahun 2006, keinginan saya untuk belajar yoga makin kuat. Saya ingin belajar yoga dengan baik dan benar dari seorang instruktur yoga. Saya pun mencari informasi tentang yoga dari berbagai sumber, baik dari koran, majalah, internet maupun Pusat Kebudayaan India di Jakarta. Namun, keinginan saya untuk belajar yoga di klub yoga, baru tercapai pada bulan April 2007. Waktu itu saya melihat iklan di sebuah majalah yang akan mengadakan acara yoga bersama di Celebrity Fitness, Plaza Indonesia. Tanpa pikir panjang saya langsung daftar. Saya pikir, inilah kesempatan saya untuk bisa melakukan yoga dengan bimbingan seorang instruktur yoga. Saya jadi tidak sabar untuk segera beryoga di Celebrity Fitness.

Adho Mukha Svanasana

Akhirnya, hari yang aku tunggu-tunggu datang juga. Sabtu, 14 April 2007, saya datang ke Celebrity Fitness, Plaza Indonesia untuk beryoga. Karena jalanan macet banget, saya sedikit terlambat datang ke tempat yoga. Pada saat saya datang, yoga telah dimulai. Instrukturnya adalah Pak Idris. Beliau memberi instruksi yoga dengan lembut, sabar dan tenang. Saya senang sekali dengan cara beliau memberi instruksi gerakan-gerakan yoga. Saya benar-benar menikmati latihan yoga tersebut. Tanpa terasa, satu jam telah berlalu dan latihan yoga pun selesai. Padahal, saya masih ingin beryoga. Sejak saat itu, saya makin jatuh cinta dengan yoga.

Natarajasana

Pada saat mengikuti yoga di Celebrity Fitness tersebut, saya beruntung mendapat voucher free trial fitness di Celebrity Fitness selama dua minggu. Saya nggak menyia-nyiakan kesempatan itu. Saya rajin latihan yoga di Celebrity Fitness Pondok Indah Mall II, tiga kali seminggu. Namun, lama-kelamaan saya malas berlatih yoga di Pondok Indah. Selain tempatnya lumayan jauh, perjalanan ke Pondok Indah juga melewati kemacetan di berbagai. Yang ada, saya malah stres pada waktu berangkat maupun pulang dari beryoga. Jadinya saya berlatih yoga sendiri di rumah dengan panduan dari VCD atau DVD.

Eka Padha Raja Kapotasana

Saya mulai menambah koleksi buku-buku dan VCD yoga saya. Setiap kali jalan-jalan ke mal dan melihat buku atau VCD yoga yang menarik, saya langsung membelinya. Alhasil, saya pun menguasai berbagai gerakan yoga walaupun belajar sendiri tanpa instruktur. Sebisa mungkin, saya melakukan yoga setiap hari walaupun hanya melakukan Surya Namaskara (serangkaian gerakan yoga sebagai penghormatan terhadap matahari). Saya sudah merasakan berbagai manfaat yoga. Di antaranya bebas stres, nafas lebih panjang, dan saya hampir nggak pernah sakit. Saya jarang sekali mengalami pusing-pusing, batuk ataupun pilek. Saya benar-benar jatuh cinta pada yoga dan nggak ingin berpaling dari yoga. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "JATUH CINTA PADA YOGA"

Post a Comment