PANTAI KARMA KANDARA, PANTAI TERINDAH DI BALI YANG MASIH SEPI DAN TERSEMBUNYI

Peta Lokasi Pantai Karma Kandara (Sumber : http://www.karmakandara.com)

Pantai mana yang menjadi favorit Anda ketika liburan di Bali? Pantai Kuta, Sanur atau Dreamland? Ketiga pantai tersebut memang indah dan sudah sangat tersohor ke berbagai penjuru dunia. Turis dari berbagai belahan dunia selalu memadati pantai-pantai tersebut. Apalagi di akhir pekan dan di musim liburan. Saya jamin pasti Anda akan kesulitan mencari tempat untuk bersantai di pantai tersebut. Walaupun tinggal di Bali dan penggemar pantai, saya paling males pergi ke pantai-pantai tersebut. Saya tidak suka dengan pantai yang terlalu ramai dan penuh dengan turis.

Suatu hari, ketika akan pergi ke Pantai Dreamland, saya melihat iklan di sebuah billboard besar, di pinggir jalan. Billboard tersebut mengiklankan sebuah hotel yang berada di pinggir tebing, dengan pantai yang sangat indah di bawahnya. Pantainya berpasir putih bersih dengan air laut hijau kebiruan. Hotel bernama Karma Kandara tersebut berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Selatan, Bali. Sayangnya di billboard tersebut, tidak terdapat peta hotel. Saya pun penasaran dengan pantai hotel tersebut.

Sepulang dari Dreamland saya pun langsung browsing di internet, untuk mencari informasi tentang Karma Kandara. Dengan bantuan Om Google, saya pun mendapatkan informasi yang cukup lengkap tentang Hotel Karma Kandara, berikut foto-foto dan peta lokasi hotel tersebut. Foto-foto hotel tersebut terlihat sangat indah. Pantainya sangat cantik, bersih, dan sepi. Saya semakin tidak sabar untuk segera menemukan pantai tersebut.

Pantai Karma Kandara yang mempesona

Menemukan Pantai Karma Kandara ternyata bukan hal yang mudah. Saya sampai harus pergi dua kali untuk bisa sampai ke pantai tersebut. Kali pertama, saya tidak bisa mencapai Pantai Karma Kandara karena saya salah jalan. Namun saya tidak putus asa. Minggu berikutnya, saya kembali mencari Pantai Karma Kandara bersama teman saya dan Alhamdulillah, saya bisa menemukan pantai impian saya.

Petunjuk arah Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari pusat kota Denpasar jaraknya sekitar 27 km. Untuk menuju pantai tersebut, arahkan kendaraan Anda menuju Dreamland/Uluwatu dengan melewati Jalan Raya Uluwatu. Dari pertigaan yang sedikit menikung/membelok di Desa Ungasan (sekitar 1 km menjelang gerbang Dreamland), ada tulisan Karma Kandara dan Di Mare di sebelah kiri jalan. Beloklah ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Perhatikan rambu-rambu yang bertuliskan Karma Kandara dan Di Mare. Selanjutnya Anda akan melewati dua pertigaan lagi. Di pertigaan pertama (ada tulisan Karma Kandara juga), Anda belok kanan. Di pertigaan kedua (ada tulisan Karma Kandara dan Di Mare), Anda belok kiri, menuju Di Mare. Di Mare adalah nama Restoran Italia di Hotel Karma Kandara. Jangan belok kanan, karena Anda akan sampai di Hotel Karma Kandara. Sebagai informasi, pintu masuk Hotel Karma Kandara dan Restoran Di Mare adalah berbeda dan letaknya sangat berjauhan. Setelah berjalan sekitar 900 meter, sampailah Anda di Restoran Di Mare. Parkirlah kendaraan Anda di tempat parkir, di depan pintu masuk restoran atau di depan pura. Dari sana laut sudah kelihatan. Anda tinggal jalan kaki menuju ke pantai.

Inclinator (lift) sedang turun menuju Nammos Beach Club, yang berada di bawah tebing.

Dari tempat parkir tersebut, ada dua pilihan untuk menuju Pantai Karma Kandara. Pilihan pertama, bagi Anda yang berkantong tebal dan nggak mau mau repot. Anda bisa menuju Pantai Karma Kandara dengan melalui Restoran Di Mare. Dari restoran tersebut, ada inclinator (lift) yang akan membawa Anda turun ke Nammos Beach Club. Restoran/klub yang berada di pinggir pantai tersebut menyajikan masakan Mediterania dan sea food. Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000,00 untuk bisa masuk ke restoran tersebut. Uang tersebut sebagai uang deposit untuk makan dan minum di restoran tersebut. Bila Anda makan melebihi Rp 250.000,00 Anda harus bayar kekurangannya. Namun, bila Anda makan tidak sampai Rp 250.000,00 sisanya nggak akan dikembalikan kepada Anda.

Lorong sempit menuju Pantai Karma Kandara

Anak tangga menuju Pantai Karma Kandara

Pilihan kedua, bagi Anda yang ogah bayar (alias suka gratisan) tapi mau sedikit bersusah payah. Dari tempat parkir, Anda tinggal jalan kaki melewat sebuah lorong sempit di antara tembok pagar pura dan tembok (dari tumpukan batu alam) hotel, hingga sampai di bibir tebing. Dari tebing yang tingginya 150 meter dari pantai tersebut, terhampar pemandangan Pantai Karma Kandara yang luar biasa indah. Saya sampai takjub dan bengong, melihat pantai yang dahsyat tersebut. Saya pun nggak tahan untuk tidak berfoto di bibir tebing tersebut. Ternyata iklan hotel yang ada di billboard tersebut, nggak bohong. Justru pemandangan aslinya jauh lebih indah.

Pantai Karma Kandara dilihat dari atas tebing

Setelah puas foto-foto di bibir tebing, saya segera turun meniti anak tangga yang berkelok-kelok menuju pantai. Saya menuruni ratusan anak tangga dengan hati-hati karena di beberapa tempat anak tangganya sangat curam. Pepatah ”bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” berlaku di sini. Perjuangan saya menuruni 340 anak tangga ternyata tidak sia-sia. Saya mendapat hadiah pantai yang luar biasa indahnya. Hamparan pasir putih nan lembut dan air laut sebening kristal berwarna hijau toska menyambut kedatangan saya di Pantai Karma Kandara. Langit biru dengan gumpalan awan putih yang memayungi pantai semakin menambah cantik pantai ini. Sesekali ombak lembut membelai kaki saya, menebarkan kesejukan. Pemandangan yang sangat menakjubkan. Rugi rasanya jika mata berkedip. Saya sampai kehabisan kata-kata untuk melukiskan keindahan Pantai Karma Kandara. Saya pun langsung memotret setiap jengkal Pantai Karma Kandara yang begitu eksotis.

Melihat keindahan Pantai Karma Kandara dari atas tebing

Air laut yang bening dengan gradasi warna hijau kebiruan, sejak tadi telah memanggil-manggil saya untuk bermain dengannya. Tanpa membuang-buang waktu, saya pun langsung mengenakan masker dan snorkel yang saya bawa dari rumah, untuk ber-snorkeling. Snorkeling di Pantai Karma Kandara sangat menyenangkan. Pantainya tenang dan dangkal, airnya bening, terumbu karang dan ikannya pun cukup beragam. Namun, Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling. Karena di sana tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling. Kecuali bila Anda menginap di Hotel Karma Kandara, Anda bisa menyewanya dari pihak hotel.

Kayanya gini nih, beningnya air di Pantai Karma Kandara

Selain snorkeling, aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Karma Kandara adalah berenang, berjemur, berselancar (surfing) ataupun sekedar bermalas-malasan di tepi pantai sambil membaca buku. Bermain pasir seperti anak-anak pun sah-sah saja Anda lakukan. Bila Anda pecinta yoga, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk berlatih yoga. Pantai yang sepi dan tenang menciptakan suasana damai sehingga sangat cocok untuk berlatih yoga dan meditasi.

Letak Pantai Karma Kandara yang tersembunyi di balik tebing, membuat pantai ini selalu terjaga dan bebas polusi. Pantai Karma Kandara sangat sepi tidak seperti kebanyakan pantai lainnya di Bali. Pantainya bersih dan masih alami, nggak ada secuil pun sampah terlihat di pantai. Memang belum banyak orang yang tahu keberadaan pantai ini. Pengunjungnya kebanyakan adalah turis asing yang merupakan tamu Hotel Karma Kandara ataupun Nammos Beach Club. Turis lokal belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini. Kalaupun ada, jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari. Mereka tahu Pantai Karma Kandara dari mulut ke mulut.

Setiap sudut Pantai Karma Kandara begitu cantik dan eksotis

Belakangan ini, Pantai Karma Kandara mulai banyak dibicarakan orang. Keindahan pantai yang tersembunyi ini membuat penasaran banyak orang untuk mengunjunginya. Turis lokal dari Jakarta sudah banyak yang berdatangan ke pantai ini. Saya berharap, semoga Pantai Karma Kandara tetap bersih dan indah walau nanti dikunjungi banyak orang.

Pantai Karma Kandara memang luar biasa. Setiap sudutnya begitu indah dan mempesona. Keindahan alam dan ketenangan suasana yang ditawarkan pantai ini membuat jatuh hati siapapun yang melihatnya. Saya pun jatuh cinta pada pantai ini. Nggak heran kalau Pantai Karma Kandara dinobatkan sebagai pantai terindah di Bali. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

7 Response to "PANTAI KARMA KANDARA, PANTAI TERINDAH DI BALI YANG MASIH SEPI DAN TERSEMBUNYI"

  1. Tampaksiring Journey ( Adventure and Cultural Tourism ) says:
    2 February 2015 at 17:10

    Liburan yang sangat menyenangkan. Bali memang dominan dengan banyak obyek wisata nya. Tapi jangan lewatkan, Bali juga punya tempat untuk rekreasi baru, dengan konsep alami,budaya dan eco educational tampaksiring mempunyai tempat itu. Letaknya di tampaksiring gianyar Bali. _lepaskan penak Anda di nuansa perkotaan, mari nikmati liburan di daerah pedesaan yang alami_ *tampaksiring journey* .Tampaksiring the best..banyak pilihan untuk menikmati liburan Anda di wilayah tampaksiring, dari obyek pura hingga wisata outbond. Eco cycling bali . And
    Bali rice trekking

  2. foncesca says:
    19 May 2015 at 15:32

    Sudah sya buktikan gan keindahannya :D
    kebetulan minggu lalu sya juga habis berkunjung ke pantai karma kandara sekalian hunting foto gan :D
    Keren pokonya :)

  3. Arian Sahidi says:
    28 June 2015 at 06:09

    terimakasih infonya :)

  4. Mita Diah says:
    29 October 2015 at 17:11

    Makasih gan infonya ... tempat wisata indonesia

  5. Unknown says:
    3 November 2015 at 12:01

    ini lokasinya bener2 istimewa gan , 2 minggu kmaren saya kesana , dan ga nyesel deh , tracking anak tangganya lumayan sih ,, banyak bulenya disini , orang lokal nya sedikit.. keren gan ,, info agan ini yang jadi patokan saya buat jalan kesana , thanks banget gan ..

  6. Threedays Photography says:
    14 April 2016 at 11:15

    Salam kenal dari Bali, Terimakasih sudah berkunjung ke Bali.
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

  7. Galery Wisata says:
    15 July 2017 at 10:09

    keren dan menarik iya Gan Tempat Berlibur Wisata pantai Karma Kandaranya

Post a Comment