YOGA GRATISAN DI BALI

Salah satu gerakan yoga, Parsva Bakasana

Asyiknya tinggal di Bali! Selain terkenal sebagai tujuan wisata dunia, ada begitu banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Bali, di antaranya adalah yoga. Kalau anda ingin belajar yoga, Bali adalah tempat yang tepat. Ada banyak tempat untuk belajar ataupun berlatih yoga di Bali, antara lain di Denpasar, Sanur, dan Ubud. Menariknya, ada beberapa tempat latihan yoga di Denpasar, yang tidak memungut iuran apa pun dari anggotanya alias gratis. Latihan yoga tersebut dilakukan setiap hari, dengan bimbingan atau panduan seorang instruktur dan bisa dikuti oleh siapa pun (umum) tanpa memandang suku, agama, usia, dan batasan-batasan lainya. Asyiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengikuti latihan yoga ini. Jadi, bagi anda yang ingin sehat tapi ogah keluar biaya, nggak usah khawatir. Datang saja ke Denpasar, dan bergabunglah latihan yoga!

Setidaknya ada tiga tempat latihan yoga yang bebas biaya di Denpasar yaitu : Lapangan Niti Mandala Renon (di pojok timur laut dan di sebelah timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali/Monumen Bajra Sandhi) dan Pantai Sanur. Latihan yoga di tiga tempat ini dikoordinir oleh “PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER.” Instrukturnya adalah para pendiri PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER, antara lain : Anna Liparissa, Nyoman Gede Purnama (Pak Ode), Ida Bagus Candi (Pak Putu), dan Pak Sondra.

Sunrise Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon
Yang pertama adalah Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon, di pojok timur laut. Latihan yoga di sini dilakukan setiap hari, pada jam 07.00 - 08.00 WITA. Siapa saja boleh bergabung untuk latihan yoga di sini dengan gratis. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan, pemula atau sudah mahir, semua boleh ikut latihan yoga asalkan sehat fisik dan mental serta membawa matras sendiri. Modal kita untuk mengikuti latihan yoga di sini hanyalah badan yang sehat dan selembar matras yoga. Yoga di sini menganut aliran Hatha Yoga (yoga untuk kesehatan), dengan gerakan yang agak lambat. Namun, jangan khawatir! Anda akan berkeringat dan mendapat manfaat dari latihan yoga ini, bila Anda melakukan gerakan-gerakan yoga dengan benar. Bagi Anda yang baru belajar yoga (pemula), sangat cocok untuk mengikuti sunrise yoga ini.

Peserta Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon

Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon
Yang kedua masih di tempat yang sama, yaitu di Lapangan Niti Mandala Renon, tepatnya di sebelah timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Monumen Bajra Sandhi). Latihan yoga di sini dilakukan setiap sore, jam 17.00 – 18.00 WITA. Bagi Anda yang tidak bisa bergabung latihan yoga di pagi hari karena harus bekerja ataupun kesibukan lainnya, Anda bisa ikut latihan yoga yang sore hari. Siapa pun juga boleh ikut yoga di sini dengan gratis hanya dengan bermodal matras yoga. Yoga di sini menggabungkan/memadukan berbagai aliran yoga, yaitu Hatha Yoga, Astanga Yoga, dan Vinyasa Yoga. Gerakan yoga di sini lebih dinamis dan menantang dibandingkan dengan dengan gerakan-gerakan di Sunrise Yoga. Bagi Anda yang menyukai gerakan yoga yang dinamis dan menantang, pastinya akan cocok mengikuti Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon ini.

Peserta Sunrise Yoga di Pantai Sanur

Sunrise Yoga di Pantai Sanur
Terakhir, ini yang paling asyik (sekaligus favorit saya), Sunrise Yoga di Pantai Sanur. Latihan yoga dilakukan di Pantai Sanur, tepatnya di depan Hotel Inna Grand Bali Beach, setiap pagi, jam 07.00 – 08.00 WITA. Latihan yoga dilakukan di atas pasir putih, dengan diiringi alunan musik alam berupa debur ombak yang berkejaran di pantai. Benar-benar menyegarkan mata dan telinga. Yoga di sini menggabungkan/memadukan berbagai aliran yoga seperti Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon, yaitu Hatha Yoga, Astanga Yoga, dan Vinyasa Yoga, dengan gerakan yoga yang dinamis dan menantang.

Sunrise Yoga di Pantai Sanur adalah latihan yoga favorit saya. Sudah lama sekali saya ingin beryoga di tepi pantai, karena asyik banget bisa beryoga sambil melihat laut biru dan ombak yang berkejaran. Makanya begitu mendapat informasi dari teman bahwa ada latihan yoga gratis di Pantai Sanur, dengan antusias saya langsung gabung. Saya mengagendakan latihan yoga di Pantai Sanur setiap hari Minggu. Sebenarnya saya pengen ikut setiap hari, tetapi tidak bisa karena harus bekerja.

Bali memang benar-benar memanjakan pecinta yoga. Siapa pun bisa ikut latihan yoga dengan gratis, setiap hari hanya dengan bermodal matras yoga dan uang parkir Rp 1.000,00 - Rp 2.000,00. Kalau di daerah lain, kita harus bayar mahal untuk bisa ikut latihan yoga (bahkan banyak daerah di Indonesia yang belum ada klub yoganya), di Bali ada begitu banyak tempat latihan yoga gratis. Dengan yoga, badan menjadi sehat, pikiran jernih, hati tenang dan damai. Yoga benar-benar akan membuat kita health inside dan fresh outside. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

2 Response to "YOGA GRATISAN DI BALI"

  1. P19 ONLY says:
    14 June 2014 02:47

    Bermanfaat sekali informasinya. Thx ya

  2. Traveling Around The World says:
    4 July 2014 23:23

    Thx infonya !!

Post a Comment