YOGA GRATISAN DI BALI

Salah satu gerakan yoga, Parsva Bakasana

Asyiknya tinggal di Bali! Selain terkenal sebagai tujuan wisata dunia, ada begitu banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Bali, di antaranya adalah yoga. Kalau anda ingin belajar yoga, Bali adalah tempat yang tepat. Ada banyak tempat untuk belajar ataupun berlatih yoga di Bali, antara lain di Denpasar, Sanur, dan Ubud. Menariknya, ada beberapa tempat latihan yoga di Denpasar, yang tidak memungut iuran apa pun dari anggotanya alias gratis. Latihan yoga tersebut dilakukan setiap hari, dengan bimbingan atau panduan seorang instruktur dan bisa dikuti oleh siapa pun (umum) tanpa memandang suku, agama, usia, dan batasan-batasan lainya. Asyiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengikuti latihan yoga ini. Jadi, bagi anda yang ingin sehat tapi ogah keluar biaya, nggak usah khawatir. Datang saja ke Denpasar, dan bergabunglah latihan yoga!

Setidaknya ada tiga tempat latihan yoga yang bebas biaya di Denpasar yaitu : Lapangan Niti Mandala Renon (di pojok timur laut dan di sebelah timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali/Monumen Bajra Sandhi) dan Pantai Sanur. Latihan yoga di tiga tempat ini dikoordinir oleh “PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER.” Instrukturnya adalah para pendiri PASEMETONAN YOGA ASANA SEGER OGER, antara lain : Anna Liparissa, Nyoman Gede Purnama (Pak Ode), Ida Bagus Candi (Pak Putu), dan Pak Sondra.

Sunrise Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon
Yang pertama adalah Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon, di pojok timur laut. Latihan yoga di sini dilakukan setiap hari, pada jam 07.00 - 08.00 WITA. Siapa saja boleh bergabung untuk latihan yoga di sini dengan gratis. Tua atau muda, laki-laki atau perempuan, pemula atau sudah mahir, semua boleh ikut latihan yoga asalkan sehat fisik dan mental serta membawa matras sendiri. Modal kita untuk mengikuti latihan yoga di sini hanyalah badan yang sehat dan selembar matras yoga. Yoga di sini menganut aliran Hatha Yoga (yoga untuk kesehatan), dengan gerakan yang agak lambat. Namun, jangan khawatir! Anda akan berkeringat dan mendapat manfaat dari latihan yoga ini, bila Anda melakukan gerakan-gerakan yoga dengan benar. Bagi Anda yang baru belajar yoga (pemula), sangat cocok untuk mengikuti sunrise yoga ini.

Peserta Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon

Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon
Yang kedua masih di tempat yang sama, yaitu di Lapangan Niti Mandala Renon, tepatnya di sebelah timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Monumen Bajra Sandhi). Latihan yoga di sini dilakukan setiap sore, jam 17.00 – 18.00 WITA. Bagi Anda yang tidak bisa bergabung latihan yoga di pagi hari karena harus bekerja ataupun kesibukan lainnya, Anda bisa ikut latihan yoga yang sore hari. Siapa pun juga boleh ikut yoga di sini dengan gratis hanya dengan bermodal matras yoga. Yoga di sini menggabungkan/memadukan berbagai aliran yoga, yaitu Hatha Yoga, Astanga Yoga, dan Vinyasa Yoga. Gerakan yoga di sini lebih dinamis dan menantang dibandingkan dengan dengan gerakan-gerakan di Sunrise Yoga. Bagi Anda yang menyukai gerakan yoga yang dinamis dan menantang, pastinya akan cocok mengikuti Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon ini.

Peserta Sunrise Yoga di Pantai Sanur

Sunrise Yoga di Pantai Sanur
Terakhir, ini yang paling asyik (sekaligus favorit saya), Sunrise Yoga di Pantai Sanur. Latihan yoga dilakukan di Pantai Sanur, tepatnya di depan Hotel Inna Grand Bali Beach, setiap pagi, jam 07.00 – 08.00 WITA. Latihan yoga dilakukan di atas pasir putih, dengan diiringi alunan musik alam berupa debur ombak yang berkejaran di pantai. Benar-benar menyegarkan mata dan telinga. Yoga di sini menggabungkan/memadukan berbagai aliran yoga seperti Sunset Yoga di Lapangan Niti Mandala Renon, yaitu Hatha Yoga, Astanga Yoga, dan Vinyasa Yoga, dengan gerakan yoga yang dinamis dan menantang.

Sunrise Yoga di Pantai Sanur adalah latihan yoga favorit saya. Sudah lama sekali saya ingin beryoga di tepi pantai, karena asyik banget bisa beryoga sambil melihat laut biru dan ombak yang berkejaran. Makanya begitu mendapat informasi dari teman bahwa ada latihan yoga gratis di Pantai Sanur, dengan antusias saya langsung gabung. Saya mengagendakan latihan yoga di Pantai Sanur setiap hari Minggu. Sebenarnya saya pengen ikut setiap hari, tetapi tidak bisa karena harus bekerja.

Bali memang benar-benar memanjakan pecinta yoga. Siapa pun bisa ikut latihan yoga dengan gratis, setiap hari hanya dengan bermodal matras yoga dan uang parkir Rp 1.000,00 - Rp 2.000,00. Kalau di daerah lain, kita harus bayar mahal untuk bisa ikut latihan yoga (bahkan banyak daerah di Indonesia yang belum ada klub yoganya), di Bali ada begitu banyak tempat latihan yoga gratis. Dengan yoga, badan menjadi sehat, pikiran jernih, hati tenang dan damai. Yoga benar-benar akan membuat kita health inside dan fresh outside. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

25 Response to "YOGA GRATISAN DI BALI"

  1. P19 ONLY says:
    14 June 2014 at 02:47

    Bermanfaat sekali informasinya. Thx ya

  2. Traveling Around The World says:
    4 July 2014 at 23:23

    Thx infonya !!

  3. Unknown says:
    27 August 2014 at 20:00

    Terima kasih infonya

  4. Aurora Maia says:
    9 October 2015 at 01:08

    Thanks for the information. Happy blogging!

  5. Urmyhope says:
    26 October 2015 at 13:51

    yang di sanur kita perlu daftar atau bisa langsung ikut?
    aku juga tinggal di bali, udah lama pengen ikut yoga

  6. Edyra Guapo says:
    27 October 2015 at 15:01

    Langsung datang dan bawa matras aja, nggak perlu daftar.

  7. Unknown says:
    8 November 2015 at 09:31

    Kak kalau kita ikut yoga seperti yang disebutkan diatas , kita diajarin atau dilepas sendiri trus liat instruktur nya ? Soalnya belum pernah yoga sama sekali

  8. KTADYKARTINI says:
    5 January 2016 at 14:55

    informasinya sangat berguna

    terima kasih banyak

  9. Ridho Syahrir says:
    3 February 2016 at 14:43

    MAU MINTA CONTACT BIAR BISA IKUT YOGA DI SINI MOHON DI SHARE YA

  10. Unknown says:
    23 February 2016 at 23:11

    Saya baru sebulan bergabung baik sun rise atau sun set yoga terasa amat baik sekali manfaatnya.Instrukturnya semua okey banget.saya sangat menikmati yoga.thsnk you

  11. Unknown says:
    10 March 2016 at 11:15

    Hari Minggu juga ada kah?

  12. Edyra Guapo says:
    14 March 2016 at 07:38

    Ada setiap hari. Minggu pagi paling asyik ikut sunrise yoga di Pantai Sanur.

  13. jazzpink says:
    23 March 2016 at 18:15

    Kalau yg di pantai sanur hari minggu pagi jam 7-8 wita juga? Dan didepan inna juga? Please infonya trimakasih

  14. Unknown says:
    3 April 2016 at 13:06

    Tanya dong,ada ngga ya yoga gratis gitu di pantai nusa dua/btdc??

  15. Edyra Guapo says:
    4 April 2016 at 07:43

    Sepertinya tidak ada. Setahu saya tempat2 yoga di Bali ada di Denpasar, Sanur dan Ubud.

  16. Unknown says:
    8 September 2016 at 14:08

    Sampe sekarang masih ada ga yoga gratis di sanur araupun lap renon?mohon infonya thx

  17. Nathan says:
    5 October 2016 at 01:46

    Yg di sanur itu ada kontaknya nggak? Atau tolong infokan sekolah yoga yg ada di bali dan sekitarnya, munkin di lonbok. Ada temen dr argebtina minta tolong carikan tmpat s4kolah yoga... atau klas yoga. Ini no kontak saya 082254949173 nathan. Trima kasih atas bntuannya.

  18. Edyra Guapo says:
    5 October 2016 at 07:45

    Untuk yoga di Sanur, nggak perlu cari contact person. Langsung datang aja dan bawa matras! Ada banyak sekolah yoga (yoga class) di Bali terutama di Ubud, mulai dari Hatha Yoga, Bikram Yoga, dan lain-lain. Beberapa studio yoga di Ubud : Yoga Barn, Ubud Yoga House, Radiantly Alive, Intuitive Flow, dan Taksu Yoga. Silakan googling, semua ada wb site-nya.

  19. Yeni Sastri says:
    5 January 2017 at 19:08

    Bagaimana cara pendaftaran Yoga yang di lapangan niti mandala renon

  20. Unknown says:
    18 April 2017 at 21:38

    Info plz... yg di pantai sanur masih adakah? Perlu bw matras sendirikah? Tq

  21. Anonymous Says:
    22 June 2018 at 18:38

    wah senang banget, ini jawaban dari pencarian ttg tempat yoga di bali bbrp hari...makasih infonya. semoga masih ada yaa

  22. Qorihani says:
    2 July 2018 at 22:28

    Semoga masih ada gratisan yoganya ya. Thanks infonya. Sangat bermanfaat. Namaste.

  23. Kumpulan cerita gay trbaik says:
    3 November 2018 at 08:58

    Makasih infonya.. saya baru mau mulai yoga eh dapat info keren ini.. makasih yah

  24. Unknown says:
    8 April 2019 at 14:14

    Apa msh ada yoga gratisan sampai skrg..info yah..??

  25. Unknown says:
    20 September 2020 at 22:38

    Wah makasih banget infonya ,mau nanya dalam masa pandemi seperti skrng apakah yoga yg di Renon masih tetap jalan,karena saya ingin ikut yg di Renon

Post a Comment