PESONA AIR TERJUN KALELA

Air Terjun Kalela yang cantik dan unik

Tak banyak yang diketahui orang tentang Pulau Sumbawa. Paling banter yang dikenal hanyalah Madu dan Susu Kuda Liar Sumbawa. Padahal, pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok ini memiliki banyak tempat wisata menarik mulai dari pantai, gunung, pulau-pulau kecil hingga air terjun. Salah satu air terjun cantik yang dimiliki Sumbawa adalah Air Terjun Kalela.

Air Terjun Kalela terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saya mengetahui keberadaan air terjun ini dari sebuah blog di internet. Air Terjun Kalela cukup unik. Selain Kalela, air terjun ini memiliki beberapa nama lain, yaitu : Air Terjun Ai Koa, Air Terjun Jantup, dan Air Terjun Semporon Tangkil. Saya tidak tahu nama sebenarnya air terjun ini. Namun, ketika berada di air terjun, saya sempat bertanya kepada penduduk setempat dan melihat tulisan Air Terjun Kalela. Jadi, saya menyebutnya Air Terjun Kalela.

Untuk mencapai Air Terjun Kalela, butuh waktu sembilan puluh menit berkendara dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Jaraknya sekitar 48 km Pelabuhan Poto Tano atau sekitar 18 km dari Kota Taliwang (ibukota Kabupaten Sumbawa Barat). Desa terdekat dengan air terjun ini adalah Desa Jereweh. Dari Desa Jereweh, kita harus melewati jalan tanah berbatu di antara persawahan sekitar 3 km hingga tiba di tempat parkir Air Terjun Kalela, di mana terdapat sebuah bendungan di dekatnya. Selanjutnya, kita harus berjalan kaki sekitar dua ratus meter hingga tiba di Air Terjun Kalela.

Jalan tak beraspal menuju Air Terjun Kalela dari Desa Jereweh

Air Terjun Kalela bentuknya sangat unik tidak seperti air terjun kebanyakan. Air Terjun Kalela jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Di tebing tersebut tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya berwarna hijau. Perpaduan air terjun, tebing berongga, akar-akar pohon, dan kolam berair hijau menciptakan panorama alam yang mengagumkan. Siapapun pasti akan takjub melihat keunikan dan keindahan Air Terjun Kalela.

Asyiknya mandi di Air Terjun Kalela

Aktivitas seru yang harus dilakukan di Air Terjun Kalela adalah mandi, berenang, atau naik ban di kolam yang berada di bawah air terjun. Selain itu, kita juga bisa mandi di bawah guyuran air terjun langsung dengan sedikit mendaki ke rongga tebing yang berada di atas kolam. Mandi di bawah guyuran air terjun langsung akan membuat kita lebih segar karena badan kita seperti dipijat. Bila punya nyali lebih, kita bisa naik ke tebing batu di sebelah kanan air terjun, lalu terjun meloncat ke dalam kolam. Sensasinya, pasti luar biasa.

Perlu Anda ingat, Air Terjun Kalela merupakan tempat pemandian penduduk Desa Jereweh dan sekitarnya. Di pagi dan sore hari, biasanya banyak penduduk setempat yang mandi di air terjun tersebut. Tak perlu khawatir, mereka sangat ramah kepada para turis. Jadi, kita bisa berbaur dengan penduduk setempat sambil mandi dan bermain air yang tentunya akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Getting There
Untuk mencapai Air Terjun Kalela, dari Pelabuhan Poto Tano arahkan kendaraan Anda menuju Taliwang. Dari Taliwang lanjutkan perjalanan ke selatan menuju Kota Kecamatan Jereweh. Dari Jereweh, bertanyalah ke penduduk setempat jalan menuju Air Terjun Kalela. Air terjun ini jaraknya hanya sekitar 3 km dari Desa Jereweh. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

2 Response to "PESONA AIR TERJUN KALELA"

  1. cvtugu says:
    24 May 2018 at 12:25

    pengen nyoba maen kesana Wisata,,seru banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

  2. cvtugu says:
    24 May 2018 at 12:37

    wah cantiknya pemandangannya,,pengen keliling semua Lauwba

Post a Comment