GILI KEDIS, SI "HONEYMOON ISLAND" YANG CANTIK MENAWAN

   
Menikmati keindahan Gili Kedis
Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang masih alami dan pulau-pulau kecil (biasa disebut gili) yang bertebaran di sekelilingnya. Dari sekian banyak gili yang ada di sekitar Lombok, Trio Gili Matra (Tramena) di Lombok Utaralah yang paling terkenal, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Nama trio gili ini sudah mendunia dan menjadi salah satu magnet pariwisata Lombokberkat keindahan pantainya dan panorama bawah lautnya. Selain trio gili itu, yang belakangan mulai ngetop adalah trio gili di Kawasan Sekotong, Lombok Barat, yaitu Gili Nanggu, Gili Tangkong, dan Gili Sudak. Trio Gili Sekotong ini juga tak kalah indahnya dengan Trio Gili Matra. Bedanya Trio Gili Sekotong lebih sepi, alami dan belum banyak dikunjungi turis. Selain itu, Gili Nanggu dan Gili Tangkong juga tak berpenghuni, jadi suasananya benar-benar masih sepi dan alami. 

Kali ini saya tidak akan membicarakan Trio Gili Matra maupun Trio Gili Sekotong. Pasalnya ada sebuah gili yang super imut, yang lebih menarik perhatian saya. Gili Kedis namanya. Pulau yang sering disebut sebagai Pulau Bulan Madu (Honeymoon Island) atau Pulau Romantis ini berada tak jauh dari Gili Sudak (Trio Gili Sekotong), tepatnya di Dusun Medang, Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jaraknya sekitar 20 km dari Pelabuhan Lembar atau 40 km dari Pusat Kota Mataram. Gili Kedis sangat mungil ukurannya. Mungkin, luasnya hanya sebesar lapangan bola voli. Saking kecilnya, pulau ini sering tak tercantum di Peta Pulau Lombok, kecuali Peta Lombok yang besar dan detail. Tak heran kalau gkd sering luput dari perhatian para turis. Bahkan, Warga Lombok juga belum banyak yang tahu keberadaan pulau ini. 

 Gili Kedis yang super imut.

Meski ukurannya super kecil, bukan berarti Gili Kedis tak menarik. Menurut saya, justru pulau ini paling menarik dibanding gili-gili lainnya di Lombok. Pulau yang bisa dikelilingi dalam waktu tak lebih dari lima menit ini, memiliki panorama alam yang memukau dengan pantai berpasir putih dan air laut sebening kristal berwarna hijau toska (turquoise). Yang lebih menarik lagi adalah alam bawah laut Gili Kedis yang sangat menakjubkan. Dengan ber-snorkeling beberapa meter dari bibir pantai, kita bisa melihat aneka jenis terumbu karang yang sangat indah dan beragam jenis ikan dengan warna-warni yang memukau. Karang keras (hard coral), karang lunak (soft coral), bintang laut dan bernagai biota laut lainnya bisa kita lihat dengan mudah di perariran Gili Kedis. Asyiknya lagi, laut di sekitar Gili Kedis juga sangat tenang, tak ada arus ataupun ombak karena letaknya terlindung di Teluk Sekotong. Jadi, acara berenang ataupun snorkeling pun lebih aman dan menyenangkan. 

 Pantai Gili Kedis yang sangat menawan

Rasanya, saya tak perlu panjang lebar menggambarkan kecantikan dan keunikan Gili Kedis. Biarlah foto-foto di bawah ini yang berbicara. Selamat menikmati keindahan Gili Kedis, surga mungil di barat daya Pulau Lombok! 














  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "GILI KEDIS, SI "HONEYMOON ISLAND" YANG CANTIK MENAWAN"

Post a Comment