7 AIR TERJUN TERINDAH DI LOMBOK


Menikmati kesegaran Air Terjun Benang Kelambu


Lombok bukan hanya pantai dan pulau-pulau kecil (gili). Masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda jelajahi. Di antaranya adalah air terjun. Berbicara air terjun di Lombok, mungkin yang paling dikenal adalah Air Terjun Sendang Gila. Maklum air terjun ini berada di Desa Senaru,yang merupakan salah satu gerbang pendakian Gunung Rinjani. Tak heran kalau Air Terjun Sendang Gila ramai dikunjungi turis baik turis domestik maupun turis asing. Padahal, Lombok masih memiliki banyak air terjun lainnya yang tak kalah cantik dengan Air Terjun Sendang Gila. Berikut 7 Air Terjun Terindah di Lombok yang harus Anda sambangi ketika berlibur di Lombok. 

 
 Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel 
Berjarak sekitar 30 km dari Kota Mataram, Air Terjun Benang Stokel merupakan air terjun yang terdekat dengan Kota Mataram. Terletak di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Anda bisa mencapainya dalam waktu sekitar 45 menit dengan berkendara. Air Terjun Benang Stokel tidak begitu tinggi tetapi sangat unik karena terdiri dari dua buah air terjun yang berdampingan, jadi seperti air terjun kembar. Selain itu, bentuk air yang jatuh mirip gulungan benang sehingga oleh penduduk setempat dinamakan Air Terjun Benang Stokel. Untuk mencapai air terjun ini, dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan menuruni puluhan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Namun, pengorbanan Anda kan terbayar lunas setalah melihat air terjun yang cantik dengan panorama alam yang hijau di sekitarnya. 

 
 Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Di dekat Air Terjun Benang Stokel terdapat sebuah air tejun lagi yang jauh lebih indah, namanya Air Terjun Benang Kelambu. Untuk menuju air terjun ini, dari Air Terjun Benang Stokel Anda harus trekking menyusuri jalan setapak yang naik turun dan menuruni puluhan anak tangga lagi. Air Terjun Benang Kelambu disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Lombok berkat keunikannya. Berbeda dari air terjun kebanyakan yang biasanya di satu tempat hanya ada satu atau dua air terjun yang meluncur dari tebing tinggi, di Air Terjun Benang Kelambu terdapat banyak air terjun dengan bentuk yang unik. Air mengalir turun melalui celah-celah tanaman merambat yang tumbuh di atas tebing, berjajar membentuk seperti tirai tipis/kelambu sehingga disebut Air Terjun Benang Kelambu. Keunikan lainnya, aliran air tidak langsung jatuh ke dasar tetapi ditampung dulu di kolam sebelah atas, terus jatuh lagi ke bawah membentuk air terjun yang lebih kecil sehingga aliran air tidak terlalu keras dan tidak membuat sakit bila kita mandi di bawahnya. Air Terjun Benang Kelambu, airnya berasal dari Danau Segara Anak yang berada di kawah Gunung Rinjani sehingga benar-benar terjaga kebersihan dan kesegarannya. Penduduk setempat meyakini bahwa air di Air Terjun Benang Kelambu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terlepas dari kebenaran mitos tersebut, tentunya asyik sekali mandi atau bermain air di bawah Air Terjun Benang Kelambu yang bersih dan jernih. Apalagi suasana sekitar juga sangat rindang dan asri, sehingga siapa pun akan betah berlama-lama di sana. 

 
 Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis
Air terjun ini berada di sisi selatan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapai air terjun, dari tempat parkir Anda harus trekking menyusuri jalan setapak di tengah hutan. Menarinya di hutan tersebut masih terdapat banyak hewan langka seperti elang dan lutung. Setelah trekking sekitar 30 menit Anda akan tiba di depan Air Terjun Jeruk Manis. Air menghunjam dari ketinggian sekitar 50 meter menuju kolam dangkal di bawahnya. Bermain air atau mandi di air terjun ini tentunya sangat mengasyikkan setelah trekking yang cukup menguras tenaga. 

 
Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus terletak Desa Genggelang, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Anda harus berkendara sekitar 90 menit untuk mencapai air terjun ini. Dari Jalan Raya Lintas Lombok di Desa Genggelang, Anda harus masuk jalan kampung sejauh 4 km untuk menuju Air Terjun Tiu Pupus. Selanjutnya, dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 400 meter untuk sampai di depan air terjun. Asyiknya, Anda tidak perlu naik turun tangga untuk mencapai Air Terjun Tiu Pupus. Anda hanya perlu berjalan menyusuri jalan setapak di pinggir sungai dan meniti jembatan kayu, menyeberang sungai. Air Terjun Tiu Pupus yang setinggi 30 meter akan menyambut kedatangan Anda. Anda bisa mandi dan berenang sepuas Anda di kolam yang terdapat di bawah air terjun. 

 
Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga
Masih di Desa Genggelang, terdapat sebuah air terjun lagi, yaitu Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun ini ini memiliki struktur dua tingkat dengan tiga lokasi air terjun. Dua di antaranya berada di bagian atas dan satunya lagi berada di tingkat paling bawah. Yang paling gampang dicapai adalah air terjun di bagian paling atas. Seperti biasa, Anda harus berjalan naik turun tangga untuk mencapai Air Terjun Kerta Gangga. Di bawah air terjun terdapat kolam dan bendungan yang bisa dimanfaatkan untuk mandi. Panorama alam di sekitar Air Terjun Kerta Gangga sangat indah. Selain bukit-bukit yang menjulang tinggi, dan tebing-tebing curam, Anda juga bisa melihat hamparan sawah yang membentang luas. 

 
Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila
Air Terjun Sendang Gila merupakan air terjun paling kondang di Lombok. Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Anda butuh waktu sekitar dua jam untuk mencapai air terjun ini. Seperti air terjun kebanyakan, Anda juga harus berjalan kaki menuruni puluhan anak tangga untuk sampai di depan Air Terjun Sendang Gila. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat. Mirip seperti Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Sendang Gila juga meluncur dari tebing yang diselimuti tumbuhan merambat, membentuk tirai tipis yang berkilauan saat tersorot sinar mentari, jatuh ke sungai yang sempit dan dangkal. Kemudian, air terjun tersebut jatuh lagi ke sungai yang lebih besar di bawahnya. Di sungai paling bawah inilah, biasanya para turis dan penduduk setempat mandi menikmati kesegaran Air Terjun Sendang Gila. 

 
 Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Tak jauh dari Air Terjun Sendang Gila, terdapat sebuah air terjun lagi yang lebih spektakuler, yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Butuh tenaga prima untuk mencapai air terjun ini, karena Anda harus trekking di medan yang cukup sulit dan menantang. Dari Air Terjun Sendang Gila, Anda harus menaiki anak tangga yang curam, melewati jalan setapak mengikuti aliran irigasi, menyeberangi sungai yang berbatu kemudian dilanjutkan melintasi jalan setapak yang di kanan kirinya pepohonan yang rimbun. Namun, segala rasa penat dan lelah akan hilang begitu Anda tiba di depan Air Terjun Tiu Kelep. Dalam Bahasa Sasak, “tiu” berarti pusaran dan “kelep” berarti luapan air yang semakin lama akan menghilang. Air Terjun Tiu Kelep sangat unik. Air terjun ini terdiri dari dua buah air terjun. Air terjun bawah, terdiri dari beberapa air terjun kecil yang meluncur dari tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau merambat. Kemudian, di atas air terjun tersebut, meluncur air terjun yang lebih besar dan lebih deras. Air terjun tersebut jatuh di kolam membentuk sungai di bawahnya. Kolam tersebut, menjadi lokasi favorit para turis untuk mandi dan berenang-renang. Segala rasa capek, lelah dan penat akan hilang dengan mandi di Air Terjun Tiu Kelep yang begitu dingin dan segar. (edyra)*** 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "7 AIR TERJUN TERINDAH DI LOMBOK"

  1. yoyo boy says:
    13 October 2016 at 03:52

    Water flows from a high place to a lower place. If the water that fell from a height
    togel sgp

Post a Comment