PESONA TEBING-TEBING KAPUR PANTAI PANDAWA,

Mengagumi keindahan tebing-tebing kapur di dekat Pantai Pandawa

Bagi Anda yang sering berlibur ke Bali, mungkin sudah bosan dengan pantai yang itu-itu saja (Kuta, Sanur, Dreamland, dll). Jangan khawatir! Bukan Bali namanya kalau tidak bisa “membuat” tempat baru untuk menarik kunjungan wisatawan. Baru-baru ini, Bali membuka pantai baru, namanya Pantai Pandawa. Dulunya Pantai yang letaknya tersembunyi di Kawasan Bukit ini mulai ramai dikunjungi wisatawan karena panorama alamnya yang eksotis. 

 
 Tebing-tebing kapur yang menjulang di sepanjang jalan menuju Pantai Pandawa

Saya sendiri, menemukan Pantai Pandawa secara tidak sengaja. Sepulang dari mengantar teman ke Pantai Green Bowl (yang berada tak jauh dari Pantai Pandawa) di awal September 2012, saya melihat penunjuk arah bertuliskan Pandawa Beach. Sebenarnya saya penasaran ingin mengunjungi pantai tersebut. Namun, saya mengurungkan niat saya karena hari sudah sore. Selain itu, saya juga sudah lumayan capek naik turun tangga di Pantai Green Bowl yang jumlahnya ratusan. Makanya ,saya mengagendakan kunjungan ke Pantai Pandawa lain kali saja.

 
 Jalan menuju Pantai Pandawa

Akhirnya, di penghujung bulan September, saya berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Pandawa. Bersama teman, saya menyambangi Pantai Pandawa setelah sebelumnya menjelajahi Pantai Gunung Payung yang berada di tak jauh dari pantai tersebut. Pantai Pandawa memang berada di Kawasan Bukit, satu kompleks dengan Pantai Green Bowl dan Pantai Gunung Payung. Secara administratif, Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. 
 
 
 Salah satu Patung Pandawa di tebing kapur, di dekat Pantai Pandawa

 Tebing Pantai Pandawa akan dihiasi tokoh Pandawa Lima

Pantai Pandawa memiliki panorama yang indah, dengan ciri pasir putih bersih dan air laut yang hijau kebiruan, tipikal pantai-pantai di Kawasan Bukit. Suasana pantainya sepi dan tenang. Pantai ini sangat cocok untuk mandi atau berenang karena ombaknya pecah di tengah laut. Bermain pasir di Pantai Pandawa juga sangat menyenangkan, karena pasirnya putih dan lembut. Selain itu, Pantai Pandawa juga tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit (sunrise) karena pantai ini menghadap ke timur. Selain berbagai keindahan tersebut, yang membuat Pantai Pandawa unik dan eksotis adalah tebing-tebing kapur yang memagari pantai ini. Sekitar 1,5 km jalan menuju pantai ini dipagari tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi. Jalan tersebut memang sengaja dibuat dengan membelah bukit-bukit kapur yang ada di Desa Kutuh, mirip bukit kapur yang dibelah di GWK. Mendekati pantai, tebing-tebing kapur tersebut dilubangi dan diukir dengan indah. Rencananya di tebing tersebut akan ditempatkan patung tokoh Pandawa Lima (tokoh dalam Kisah Mahabharata) yang terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Makanya pantai ini dinamakan Pantai Pandawa. Dulunya, pantai ini dinamakan Secret Beach karena letaknya tersembunyi di balik tebing dan belum diketahui banyak orang. Saat ini, proyek pembangunan patung tersebut sedang dikerjakan. 

 
 Pantai Pandawa yang sepi dan indah

Pesona Pantai Pandawa lainnya adalah aktivitas para petani rumput laut di sepanjang pantai. Karena kontur pantai yang landai dan ombaknya tidak sampai ke pinggir, Pantai Pandawa sangat cocok untuk budi daya rumput laut. Tak heran kalau masyarakat sekitar membudidayakan rumput laut di Pantai Pandawa. Terakhir, jika cuaca sedang cerah dan angin bertiup dengan kencang, Anda akan melihat aktivitas paralayang (paragliding) di atas Pantai Pandawa. Maklum, pantai ini berada tak jauh dari Bukit Timbis, pusatnya kegiatan paralayang di Bali. Biasanya, kegiatan paralayang ini dilakukan di siang dan sore hari, bila cuaca memenuhi syarat (angin bertiup dengan baik, tidak terlalu kencang). Jika Anda tertarik untuk mencoba paralayang, Anda tinggal meluncur ke Bukit Timbis yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari Pantai Pandawa. Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke Pantai Pandawa?


Getting There
Untuk menuju Pantai Pandawa, dari Denpasar/Kuta arahkan kendaraan Anda menuju Uluwatu melalui Jalan Raya Uluwatu. Sekitar 1 km setelah Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Anda akan menjumpai sebuah perempatan, di mana terdapat Nirmala Supermarket di sebelah kanan jalan. Dari perempatan tersebut, beloklah ke kiri (arah Nusa Dua/Bali Cliff) dan ikuti arah jalan ke Bali Cliff. Setelah 2 km berkendara, Anda akan ketemu pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Pandawa di kiri jalan. Beloklah ke kiri, dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan, kemudian belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai habis hingga tiba di Pantai Pandawa. Dari pertigaan tersebut ke Pantai Pandawa, jaraknya hanya sekitar 3,5 km. (edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

2 Response to "PESONA TEBING-TEBING KAPUR PANTAI PANDAWA, "

  1. Riz Altaf says:
    19 August 2015 at 17:51

    Sekarang ramai pantai ini
    http://www.rizaltaf.com/2015/08/tebing-pantai-pandawa-yang-eksotik.html

  2. Mp Blogger 3 says:
    22 October 2015 at 15:37

    Indahnya pantai pandawa
    pariwisata Indonesia

Post a Comment