ISLAND HOPPING IN THE LAND OF FLOBAMORA



Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia. Menurut data Wikipedia, ada sekitar 1.192 pulau di seluruh wilayah NTT, terdiri dari 473 pulau sudah bernama dan 719 pulau belum bernama. Dari ribuan pulau tersebut ada empat pulau utama yang paling besar yang biasa disingkat Flobamora (Flores, Sumba, Timor Alor) dan menjadi julukan bagi Provinsi NTT.

Tinggal di Kupang selama tiga tahun, membuat saya berkesempatan untuk menjelajah sejumlah pulau di NTT, walau belum semuanya. Setidaknya saya berhasil mengunjungi 28 pulau. Enam pulau saya kunjungi sebelum saya tinggal di Kupang, yaitu : Pulau Flores, Komodo, Rinca, Kalong, Rutong, dan Tiga. Berikut pulau-pulau di NTT yang sudah saya kunjungi :

1.       Flores
2.       Komodo
3.       Rinca
4.       Rutong
5.       Tiga
6.       Timor
7.       Rote
8.       Semau
9.       Sabu
10.   Adonara
11.  Kera
12.   Sumba
13.   Alor
14.   Kepa
15.   Kojadoi
16.  Pangabatang
17.  Solor
18.   Pantar
19.   Tikus
20.   Lembata
21.  Padar
22.  Lasa
23.  Besar
24.  Sukun
25.  Ndana
26.  Nuha Pasir Putih
27.  Keroko
28.  Watupeni
  
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "ISLAND HOPPING IN THE LAND OF FLOBAMORA"

Post a Comment