AIR TERJUN GRODO, OASIS DI PATI SELATAN


Serunya main air di Air Terjun Grodo



Wilayah Kabupaten Pati bagian selatan terkenal dengan alamnya yang kering dan tandus. Maklum saja, kawasan ini dilewati Pegunungan Kapur/Kendeng Utara yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa dari barat ke timur, mulai dari Kabupaten Pati hingga Kabupaten Lamongan. Daerah tersebut juga mempunyai curah hujan yang rendah dibandingkan daerah lain di Pati. Namun, di balik kegersangan alamnya, kawasan Pati selatan juga menyimpan keindahan alam yang masih belum diketahui banyak orang. Salah satunya adalah Air Terjun Grodo.
Air Terjun Grodo yang unik dan menarik
 
 Air Terjun Grodo terletak di Dukuh Selonatah, Desa Gunungpanti, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Dari pusat Kota Pati jaraknya sekitar 32 km atau sekitar satu jam berkendara. Untuk mencapai Air Terjun Grodo, dari Kota Pati cukup mudah. Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju Tambakromo. Dari perempatan Pasar Tambakromo, belok kanan melewati Desa Keben, Desa Larangan, Dukuh Gayam (Desa Pohgading) hingga tiba di Dukuh Selonatah. Dari Dukuh Selonatah, Anda harus melewati jalan tanah berbatu di antara ladang jagung sekitar 1,5 km hingga tiba di tempat parkir Air Terjun Grodo.

Secara visual, Air Terjun Grodo terlihat sangat indah dan unik. Tidak seperti air terjun kebanyakan di mana begitu tiba Anda akan berada di depan/bawah air terjun, di Air Terjun Grodo Anda akan tiba di atas air terjun.  Selanjutnya, Anda harus menyeberangi sungai dan menuruni jalan setapak untuk sampai di depan Air Terjun Grodo. Keunikan lainnya, Air Terjun Grodo terdiri dari lima air terjun yang berjajar melebar di tebing yang curam. Tinggi air terjun tidak seberapa (hanya sekitar lima meter) tapi cukup lebar sehingga dijuluki “Mini Niagara dari Pati.” Menariknya, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dengan air berwarna hijau muda. Tentunya sangat menyenangkan berenang ataupun bermain air di kolam tersebut. Apalagi kalau Anda membawa ban atau pelampung (floaties). Asyiknya lagi, hingga saat ini (awal tahun 2017) Air Terjun Grodo belum dikenal banyak orang sehingga suasana di sana masih sepi. Ketika datang ke sana saat libur tahun baru 2017, tak ada pengunjung lain selain kami berdua. Jadi, kami puas foto-foto dan bermain air di Air Terjun Grodo. (Edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

3 Response to "AIR TERJUN GRODO, OASIS DI PATI SELATAN"

  1. Baktiar Sontani says:
    31 January 2017 at 16:15

    Gak terlalu besar tapi secara visual menarik karena ada pohon besarnya di bagian tengah.. ah lain kali boleh dicari tuh air terjun Widuri di kampungku Purwodadi Grobogan yang menjadi cerita legenda Joko Tarub

  2. Edyra Guapo says:
    31 January 2017 at 16:25

    O, sampeyan dari Purwodadi, Mas? Aku udah pernah ke Air Terjun Widuri, Mas. Tapi nggak bagus. Jalannya juga jelek/rusak. Nggak tahu deh sekarang, udah diperbaiki atau belum.

  3. Satria Wibisono says:
    17 February 2017 at 22:03

    mas ijin bertanya, kalau untuk ke wilayah eropa itu kan melintasi beberapa negara. Nah apakah setiap negara kita juga harus sama melakukan hal2 pada pos perbatasan pertama? atau hanya beberapa? dan kendaraannya yaitu roda 4,apakah banyak perbedaan dalam pengurusan dengan roda 2? terima kasih.

Post a Comment