MENIKMATI SEMBURAN AIR PANAS TUTI ADAGAE



Menikmati semburan Air Panas Tuti Adagae

Alor terkenal akan keindahan pantai dan panorama bawah lautnya. Tak heran kalau pulau kecil di  ujung timur laut Nusa Tenggara Timur ini menjadi salah satu destinasi favorit para penyelam dunia. Namun, selain pantai Pulau Seribu Moko ini juga memiliki banyak pesona alam lainnya yang belum diketahui banyak orang. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah sumber air panas. Saya tidak menyangka kalau Alor yang tidak mempunyai gunung berapi ternyata memiliki sumber mata air panas yang menawan, bernama Air Panas Tuti Adagae.

Air Panas Tuti Adagae berada di bagian timur laut Pulau Alor, tepatnya di Desa Air Mancur, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor. Jaraknya sekitar 41 km dari Kota Kalabahi atau sekitar satu jam berkendara. Untuk mencapai air panas ini, Anda bisa naik ojek atau menyewa kendaraan dari Kalabahi karena sampai saat ini belum tersedia kendaraan umum menuju ke sana.

Rambu-rambu ke Air Panas Tuti Adagae
Perjalanan menuju Air Panas Tuti Adagae sangat menyenangkan. Dari Kota Kalabahi, saya dan teman tinggal mengarahkan kendaraan menuju Maritaing. Kami melewati jalan yang mulus di pesisir pantai dengan pemandangan pantai di kiri jalan dan perkampungan penduduk serta perbukitan di kanan jalan. Kadang kami melewati jalan di antara pantai dan ada tebing terjal yang sangat tinggi di kanan jalan. Setelah tiba di pertigaan Desa Air Mancur terdapat rambu-rambu, kami belok kanan melewati jalan kampung tak beraspal. Dari pertigaan ini, Air Panas Tuti Adagae hanya tinggal tiga kilometer lagi. Namun, kami harus melewati beberapa pertigaan tanpa rambu-rambu sehingga mengharuskan kami bertanya ke penduduk setempat agar tidak salah jalan.

Tiba di tempat parkir Air Panas Tuti Adagae, suasana sangat sepi. Tak ada penjaga loket maupun petugas parkir. Pengunjung lain juga tak ada selain kami berdua. Maklum, kami datang hampir jam lima sore sehingga pengunjung sudah pada pulang. Tanpa membuang waktu, kami segera berjalan menuju lokasi Air Panas Tuti Adagae yang jaraknya sekitar 100 meter dari tempat parkir.

Air panas menyembur tinggi di spot pertama Air Panas Tuti Adagae


Sumber Air Panas Tuti Adagae ada dua tempat (spot), dan keduanya berada di tengah sungai. Sumber air panas yang pertama lokasinya sekitar 100 meter dari tempat parkir. Menariknya, Air Panas Tuti Adagae bentuknya unik tidak seperti sumber air panas kebanyakan. Air Panas Tuti Adagae keluar dari dari onggokan batu berwarna jingga (orange), menyembur ke atas membentuk air mancur. Semburan air panas di spot pertama cukup tinggi, dengan ketinggian mencapai lebih dari lima meter. Karena semburannya yang tinggi, dari kejauhan kami sudah terpercik air yang suhunya cukup panas. Apalagi saat angin bertiup ke arah kami. Semburan air tersebut semakin kencang menerpa kami, membuat kami basah dan sedikit kepanasan. Ketika saya coba celupkan kaki ke dalam air sungai, secara refleks saya langsung menarik kaki karena kepanasan.

Puas bermain di spot pertama, kami bergerak menuju spot kedua Air Panas Tuti Adagae yang berada di sebelah atas/hulu. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari spot pertama dan untuk mencapainya kami harus berjalan kaki melewati jalan setapak di pinggir sungai.

Air panas di spot kedua Air Panas Tuti Adagae
Di spot kedua Air Panas Tuti Adagae, ada dua sumber air panas yang juga berada di tengah sungai. Semburan air cukup kencang dengan arah miring (ke samping) sehingga semburannya tidak setinggi di spot pertama. Bebatuan di sekitar spot kedua banyak yang berwarna jingga karena semburan Air Panas Tuti Adagae yang mengandung belerang. Konon, kandungan belerang di air panas tersebut bisa mengobati berbagai penyakit kulit. 

Sebenarnya, saya dan teman ingin mandi atau bermain air di Air Panas Tuti Adagae sekalian menghilangkan pegal-pegal di badan kami kerena telah melakukan perjalanan jauh. Namun, kami harus mengurungkan niat karena hari sudah semakin gelap dan perjalanan puleang ke Kalabahi masih cukup jauh. Mungkin, suatu hari nanti saya akan kembali ke Air Panas Tuti Adagae agar bisa lebih lama menikmati kehangatan airnya. (Edyra)*** . 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

3 Response to "MENIKMATI SEMBURAN AIR PANAS TUTI ADAGAE"

  1. Baktiar77 says:
    1 February 2017 at 14:42

    Ah ini salah satu lokasi yang dijanjikan temen-temen Alor mau diajak ke sana kalau balik tugas ke Alor sayang sampai sekarang belum pernah ke sana lagi

  2. Edyra Guapo says:
    1 February 2017 at 15:40

    Kirain udah ke sana sampeyan. Keren Mas. Semburan airnya tinggi banget sekarang. Tapi jalan dari kampung ke sana jelek banget dan nggak ada petunjuk arahnya.

  3. Putry Amouy says:
    14 July 2020 at 12:31

    JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

Post a Comment